30 June 2011

Penjara yang mengenaskan!!

Sape yang udah pernah dipenjara?? Mau nyobain yang ini gak???!



1. candiru prison (brazil)

ide gue sih gini, kalo kamu?? UNIK | GOKIEL | ANEH | TIPS | SEX EDU | MODEL SEKSI | MISTERI | GAIRAH MALAM

Penjara ini sempat menghebohkan Brasil juga dunia ketika pecah kerusuhan besar di penjara tersebut tahun 1992. Tragedi pembantaian masal yang melibatkan polisi setempat. Ratusan korban berjatuhan, 103 (ada yg menyebut 111 napi) di antaranya tewas terbunuh.
Tragedi Caradiru bermula dari meletusnya perang antar gank di penjara tersebut, yang melebar hingga melibatkan banyak narapidana. Polisi kemudian mendatangkan bala bantuan. Sebenarnya saat itu banyak napi telah menyerah dengan melemparkan senjata mereka . mereka meminta perlindungan polisi. Namun dijawab polisi dengan menembaki mereka.

2. bang kwang prison (thailand)

ide gue sih gini, kalo kamu?? UNIK | GOKIEL | ANEH | TIPS | SEX EDU | MODEL SEKSI | MISTERI | GAIRAH MALAM 

Dikenal sebagai “Bangkok Hilton”. Penjara ini boleh dibilang sudah tidak layak lagi, selain penuh sesak, juga kekurangan tenaga sipir. Para napinya dirantai. Kabarnya banyak napi jadi gila akibat stress melewati bulan-bulan pertama di tahanan itu.Direktur penjara Khun Nattee mengakui, kalau penjaranya adalah paling keras diseluruh Thailand. Di sini fasilitas sangat minim, termasuk perawatan kesehatan terhadap napi sangat standar. Napi yang sakit hanya bisa meringkuk dengan kaki dirantai di kamarnya, sambil menunggu datangnya obat (kalau dapat)

3. ADX Florence Supermax Prison: (Colorado)

ide gue sih gini, kalo kamu?? UNIK | GOKIEL | ANEH | TIPS | SEX EDU | MODEL SEKSI | MISTERI | GAIRAH MALAM 

Penjara ini dibangun sebagai respon atas serangan terhadap para sipir dan staf yang terjadi di penjara lain di Amerika. Di penjara ini menerapkan maximum security untuk mencegah terjadinya serangan para napi terhadap sipir ataupun staf penjara.
Karenanya para napi diisolasi dari staf penjara. Para napi mengalami penyiksaaan psikologis karena selama 23 jam hanya dihabiskan diselnya. mereka tak bisa kemana mana.
Menjadi narapida di ADX adalah suatu mimpi buruk tak tak terlupakan bagi mereka. Di sana mereka menerima kondisi paling jelek dari yang terjelek. Karenanya mereka yang masuk ke sini adalah para penjahat kelas kakap termasuk yang telah berkali-kali masuk penjara. Di sinilah “neraka” penjara yang bisa mengakibatkan derita seumur hidup.
Selama 13 tahun beroperasi, dua orang tawanan dikabarkan mati terbunuh di ADX Florence. Salah satunya Lawrence Klaker. Ada yg menyebut dia mati ditembak, tapi ada juga yang bilang bunuh diri.

4. Alcatraz Island Prison: (San Francisco, CA)

ide gue sih gini, kalo kamu?? UNIK | GOKIEL | ANEH | TIPS | SEX EDU | MODEL SEKSI | MISTERI | GAIRAH MALAM 

Penjara ini, yang dikenal sebagai “The Rock”, atau “Devil’s Island”. Dibangun pada tahun 1920-an. Segala ketidak nyamanan ada di sini. Alcatraz dirancang sedemikian rupa sehingga amat kecil kemungkinan napi bisa lolos dari sini. Alcatraz benar-benar menciptakan dunia sendiri. Para napi benar-benar terputus kontak dengan kehidupan di luar sana.
Pejabat penjara yang arogan, sipir yang kasar, kebijakan yang tidak manusiawi mewarnai hari-hari para napi di sana. Tak usah heran kalo banyak yang terkena gangguan jiwa akibat tekanan psikologis yang luar biasa.
Bayangkan saja, di sana ada larangan untuk tidak bercakap-cakap dengan napi lain, kalau tidak menurut, hukuman menunggu. Napi dilarang mengeluarkan emosinya. Mereka dipaksa diam. Hak-hak sebagai manusia, di Alcatraz, telah dicabut. Sungguh penjara “neraka”. Penjara ini ditutup pada 1963, tetapi warisan kegelapan terus “hidup” dan menjadi legenda.


5.San Quentin Prison: (San Quentin, California)

ide gue sih gini, kalo kamu?? UNIK | GOKIEL | ANEH | TIPS | SEX EDU | MODEL SEKSI | MISTERI | GAIRAH MALAM

Tahun 1930an, pengelolaan penjara ini sarat dengan korupsi, sampai akhirnya muncul direktur baru Clinton Truman Duffy yang melihat kondisi tak manusiawi dari penjara ini, memutuskan melakukan perbaikan di tahun 1940 an.
Tapi sebelum masuknya direktur baru, penjara ini dikenal sangat tidak manusiawi memperlakukan para napi, khususnya yang masih baru. Kepala mereka dibotaki dan dipaksa memakai seragam yang diberi nomor, mereka makan dengan wadah ember-ember. Menghuni sel sempit tanpa diberi lampu.
Di sini nyawa tidak ada harganya. Kerusuhan antar ras kerap terjadi. Rasio antara penjaga penjara dan napi tidak sebanding, itu sebabnya banyak hal terjadi diluar kontrol.


6. Diyarbakr Prison: (Turki)

ide gue sih gini, kalo kamu?? UNIK | GOKIEL | ANEH | TIPS | SEX EDU | MODEL SEKSI | MISTERI | GAIRAH MALAM

Penjara ini disebut sebagai penjara terkejam di turki di mana segala kebrutalan dan kesadisan begitu lumrah terjadi. Dari 1981 sampai 1984, 34 orang tawanan tewas karena penyiksaan berlebihan, baik jiwa maupun fisiknya.
Belum lagi kasus penyimpangan seksual yang merajalela. Para napi sebenarnya telah melakukan protes terhadap pengelolaan penjara. Mereka melakukan mogok makan, bahkan membakar diri sendiri sebagai bentuk protes, namun tidak berhasil.
Fasilitas penjara ini sangat mengerikan dan jauh dari standar. Di sini pernah terjadi peristiwa menggegerkan di mana anak-anak dijebloskan di sini dan mendapat hukuman penjara seumur hidup. Kejahatan terhadap kemanusian sepertinya menjadi peristiwa biasa saja. Tak heran penjara ini masuk dalam salah satu penjara yang paling menyeramkan di dunia.


7. La Sabaneta Prison: (Venezuela)

ide gue sih gini, kalo kamu?? UNIK | GOKIEL | ANEH | TIPS | SEX EDU | MODEL SEKSI | MISTERI | GAIRAH MALAM

Venezuela juga memiliki penjara tak kalah brutalnya, yakni La Sabanetaa, di mana kekerasan menjadi “santapan” sehari-hari. Fasilitas yang sangat minim, membuat wabah penyakit begitu mudah menyebar. Maklum, pelayanan dokter sangatlah minim, bahkan nyaris tak ada. Makanan kurang dengan menu yang jauh dari sederhana.
Kondisi napi di Penjara La Sabaneta adalah yang jelek dari yang terjelek. Tak heran kalo wabah kolera sempat mampir kemari dan memakan korban 700 napi. Di sini pun pernah terjadi pembantaian masal yang merenggut korban 100-an napi tahun 1994.
Kematian merajalela di La Sabaneta. Salah sedikit, nyawa bisa melayang. Para staf penjara yang malas mengurusi napi, sehingga para napi bisa leluasa berbuat semaunya. mereka berkelahi bahkan membunuh sesama napi. Para penjaga menutup mata atas kejadian-kejadian ini.


8. La Sante Prison: (Paris, Perancis)

ide gue sih gini, kalo kamu?? UNIK | GOKIEL | ANEH | TIPS | SEX EDU | MODEL SEKSI | MISTERI | GAIRAH MALAM

Seperti penjara “maut” lainnya, di sini pun nyawa manusia tak berharga. Perlakuan brutal merajalela. Kesewenangan pengelola penjara membuat kehidupan napi benar-benar tidak berharga. Banyak napi akhirnya menjadi gila. Sel-sel penjara yang penuh kutu dan tikus, semakin membuat napi stress.
Sungguh ironis dengan arti kata ‘”La Sante” yang berarti health (kesehatan) dalam bahasa Inggris. Karena pada kenyataannya hidup di sana sungguh tidak sehat. Perbudakan antar sipir ke napi, napi ke sesama napi, sudah menjadi biasa. Kasus perkosaan antar sesama napi sangat tinggi dan terjadi setiap hari.
Tak heran kalau banyak napi tak tahan akhirnya bunuh diri, atau menjadi gila. Sepanjang tahun 2002 dikabarkan terjadi 122 kasus bunuh diri napi. Disusul 73 napi pada pertengahan 2003.


9. Rikers Island Prison: (Rikers Island, New York)

ide gue sih gini, kalo kamu?? UNIK | GOKIEL | ANEH | TIPS | SEX EDU | MODEL SEKSI | MISTERI | GAIRAH MALAM

Penyiksaan brutal membuat penjara ini begitu dikenal di amerika. Pada 2007, tawanan Charles Afflic mengalami penyiksaan yang berlebihan dari penjaga penjara sehingga harus menjalani pembedahan otak. Sebanyak 6 napi bunuh diri di selnya karena tak tahan dengan suasana penjara yang menekan, pada 2003.


10. Tadmor Military Prison, Syria

ide gue sih gini, kalo kamu?? UNIK | GOKIEL | ANEH | TIPS | SEX EDU | MODEL SEKSI | MISTERI | GAIRAH MALAM

Kematian di penjara ini seperti tak terhitung banyaknya. Kekerasan di Tadmor begitu mengerikan dan benar-benar tak kenal ampun. Seorang mantan napi Tadmor menggambarkan penjara ini sebagai kerajaan maut dan kegilaan yang mengerikan.
Tadmor memiliki penjaga haus darah, narapidana penjagal,dan tawanan politik. Pada 1980, sesudah percobaan pembunuhan pada Presiden (di Damaskus), narapidana terpaksa membayar mahal.
Para perajurit penyerang penjara, mereka menggunakan helikopter dan mendarat di Tadmor. Para prajurit ini membatai 500 orang tawanan di sel mereka. Para napi ini mati mengenaskan, tidak dapat menyelamatkan diri karena para sipir merantai kaki mereka di sel.

11. Guantanamo Prison: (Kuba)


ide gue sih gini, kalo kamu?? UNIK | GOKIEL | ANEH | TIPS | SEX EDU | MODEL SEKSI | MISTERI | GAIRAH MALAM

Penjara Guantanamo adalah kompleks penjara militer di bawah Joint Task Force Guantanamo (JTF-GTMO) dan menempati sebagian dari pangkalan angkatan laut Amerika Serikat di Teluk Guantanamo yang luasnya 117 km per segi.
Kamp tahanan paling mengerikan itu dioperasikan pihak Amerika sejak Januari 2002. Lokasinya berada tepat di kepulauan yang menyatu dengan Kuba. Area camp tahanan Guantanamo terdiri dari 3 camp yaitu Camp Delta, Camp Iguana, dan Camp X-Ray (yang sudah lebih dahulu ditutup) yang merupakan instalasi militer AS.
Jumlah seluruh tahanan yang ada di dalam “Camp X-Ray” diperkirakan 660 orang. Mereka berasal dari 44 negara, semua terkait dengan tuduhan sebagai bagian dari “terorisme” internasional. Sebagian besar adalah pejuang al-Qaeda dan Taliban yang ditangkap di Afghanistan. Dan para teroris yang dicurigai Amerika melakukan penyerangan terhadap gedung WTC pada tanggal 11 September 2001 silam.

27 June 2011

Puisi - Bayangan

bikin lagiiii yoo, simak!!!


Bayangan


Matahari mencoba berdiri
Awal dimana aku berawal
Aku bukanlah daging yang bernyawa
Nyawa yang berpondasi tulang
Lalu siapa pencipta kata-kata ini?

Aku bukan parasit jalanan
Menguntil apapun di siang
Biarkanlah aku bersandar
Meyakinkan aku bukan dipikir kalian

Menarilah seringan mungkin
Dan aku setia menemanimu
Aku adalah dirimu yang tak rupa
Hanya guratan tubuh meliuk - liuk

Gentleman

Apa itu gentleman?? Simak nih . . . .



Berjalanlah di sisi luar kaki lima
Memang kelihatan remeh, tapi dengan berada di sisi luar, dan dia berada di sisi dalam (lebih jauh dari lalu lintas), ia akan berada di posisi yang aman, jika ada mobil yang melaju kencang dan melintasi kubangan air, maka Anda sebagai seorang gentlemen akan melindungi dia dan membuat bajunya utuh dan tidak rusak oleh cipratan air tadi. Lagipula, dengan cara ini, anda melindungi dia dari bahaya lalu lintas yang ada. Perempuan akan lebih merasa terlindungi oleh tindakan Anda yang kesatria ini.

Biarkan dia duduk lebih dulu
Dulu, seorang pria akan diharapkan menarik kursi terlebih dulu buat pasangan, sekarang tindakan ini dianggap terlalu formal. Tapi tidak pernah ada salahnya, anda membiarkan dia duduk terlebih dahulu. Berdiri sedikit lebih lama akan membuat dia merasa lebih dihormati, walaupun mungkin dia tidak menyadarinya. Jangan terlalu jelas menunjukkan hal ini, karena seringkali dia akan merasa jengah. Jika tindakan ini berhasil, maka Anda akan menunjukkan bahwa Anda ingin dia merasa nyaman terlebih dahulu.

Perhatikan bahasa Anda
Satu titik penting yang seringkali terlewat oleh Anda, adalah bahasa yang terkadang terlalu kasar. Seorang pria seharusnya bangga dengan mampu menunjukkan ekspresi tanpa menggunakan bahasa kasar. Tidak hanya hal ini akan menunjukkan kecerdasan anda, tapi juga menunjukkan standar yang tinggi atas diri Anda sendiri dan terhadap orang di sekitar Anda. O ya, pintar bukan berarti menggunakan kata-kata rumit yang Anda sendiri tidak yakin benar artinya ya! Yang penting jangan kasar!

Bawakan payung
Tindakan gentlemen lain adalah dengan membawakan payung, memastikan si dia tetap kering, hal ini adalah cara terbaik untuk menunjukkan sikap terpuji. Seorang gentlemen akan selalu siap untuk berbagai cuaca, dan salah satunya adalah payung. Jika tidak ada, dan pas hujan tunjukkan bahwa Anda lebih mementingkan dia dengan membawa payung dan melindunginya dari hujan. Tidak ada salahnya jika Anda basah, karena tindakan ini menunjukkan bahwa Anda ingin melindunginya.

Antar sampai ke rumah
Ini adalah tindakan yang sangat penting bagi seorang gentlemen. Walaupun tidak sejalan, tapi memastikan bahwa dia sampai di rumah dengan selamat adalah prioritas utama Anda. Dia akan merasa Aman jika dia tahu bahwa Anda menemaninya sampai di depan pintu. Hal ini akan mengangkat nilai Anda di matanya. Plus: jika dia berhenti dan tidak segera masuk, kemungkinan besar artinya dia ingin Anda memberi ciuman, jika tidak, jangan paksakan ya!

Berikan jaket anda
Terkadang pada saat kencan, pakaian yang dikenakan si dia tidak cukup tebal untuk menghalau gigitan dingin udara malam atau hembusan AC. Jika anda merasa bahwa malam ini cukup dingin, segera tawarkan jaket yang anda kenakan. Dia mungkin menolak, tapi jika dia mulai tampak merasa kedinginan, jangan ragu untuk menawarkan lagi. Anda kedinginan? Tahan! itu kewajiban Anda, dia kan prioritas utama Anda bukan?

Tawarkan tempat duduk Anda
Seorang gentlemen tidak akan pernah lupa berdiri dan memberikan tempat duduknya di kendaraan umum bagi orang tua atau bagi wanita hamil. Apalagi kepada teman kencan anda, jangan pernah lupa memberikan tempat duduk anda di busway atau kendaraan umum lain. Hal ini menunjukkan bahwa Anda lebih mempedulikan keberadaan dia. Berdirilah sebelum menawarkan tempat duduk anda, hal ini menunjukkan ketulusan ekstra kepadanya.

Matikan HP pada saat kencan
Terkadang Anda sok sibuk sekali, sampai pada saat kencan, Anda lebih sering ditelepon daripada memperhatikan kondisi si dia. Hal ini sangat kasar, baik pada saat kencan ataupun janji yang lain. Buat si dia merasa bahwa dia adalah orang yang paling penting di dunia saat kencan. Ingat bahwa pada saat anda menelepon, Anda membuat dia merasa tidak nyaman dengan duduk tenang dan diam saja. Jika Anda telepon, pastikan anda menjawab SETELAH kencan Anda usai.

Perkenalkan dia
Jika Anda bertemu dengan seseorang yang Anda kenal, penting atau tidak penting, dia harus Anda perkenalkan kepada rekan Anda tadi. Hal ini akan membuat dia tidak terasa sendirian dan terisolasi. Pastikan bahwa pasangan anda selalu merasa nyaman di sebelah Anda pada saat kencan, dan salah satunya dengan memperkenalkan dia. Hal ini akan membuat dia merasa sangat penting bagi Anda!

Bukakan pintu
90% perempuan merasa bahwa tindakan ini adalah tindakan utama seorang Gentlemen. Tindakan sederhana ini akan membuat wanita merasa dihargai. sebaiknya memang anda selalu membuka pintu dan menahan pintu sampai orang di belakang Anda melewatinya. Tindakan ini menunjukkan rasa hormat kepada orang lain.

Nah...jika Anda sudah mengerti, tidak ada salahnya Anda membuat semua tindakan ini sebagai bagian dari rasa hormat Anda kepada orang lain, jadi usahakan Anda menjadikan semua tindakan di atas sebagai kebiasaan kepada semua orang!
Selamat Bergentlemen Ria!

19 June 2011

Puisi - Sakura


Iseng lagi ah!


Sakura


Tubuhnya yang indah berlekuk sempurna
Bermahkotakan bunga cantik dimusimnya
Berkilauan di bawah gedung-gedung raksasa
Menyejukkan mata dikala gundah
Asap kendaraan tidak mengurangi keanggunannya

Aku yang terdiam dibawahnya
Terpesona akan kemewahan mahkotanya
Angin mengalir sangat deras
Menjatuhkan satu persatu mahkotanya

Buliran demi buliran menyentuh permukaan
Lalu lalang makhluk berdasi hitam
Adalah siksaan setiap mahkota
Aku tak ingin larut dalam tatapan
Sungguh disayang dia hidup disini

Setiap musim aku selalu datang menemui
Menikmati tubuhnya yang bermahkota merah muda
Menyaksikan fenomena yang diduga
Serasa hatiku dielus olehnya

Untuk yang kesekian kalinya
Dia hilang tanpa pamit
Aku bertanya-tanya pada angin yang mengalir
Hanya ekspresi bungkam yang disampaikan
Kini aku terdiam
Dibawah papan besar tak bermahkota

18 June 2011

Karakter pria dari masa lalu kisah cintanya

Menurut kutipan dari Your Tango. Hubungannya dengan mantan-mantan kekasih, juga bisa jadi cerminan cara pria memperlakukan kekasihnya.
Simak yoo!!
ide gue blogspot


1. Tipe yang Mudah Berkomitmen
ide gue sih gini, kalo kamu?? UNIK | GOKIEL | ANEH | TIPS | SEX EDU | MODEL SEKSI | MISTERI | GAIRAH MALAM
Pria tipe ini selalu membutuhkan wanita di sampingnya dan tidak bisa berstatus single terlalu lama. Pria seperti ini cenderung tidak takut, bahkan bisa dibilang, mudah berkomitmen. Setelah putus cinta, biasanya dia akan segera mencari pengganti kekasihnya. Bila dia baru dua atau tiga bulan lalu putus cinta, Anda patut waspada karena kemungkinan dia hanya menjadikan Anda sebagai pelarian.

2. Pernah Selingkuh
ide gue sih gini, kalo kamu?? UNIK | GOKIEL | ANEH | TIPS | SEX EDU | MODEL SEKSI | MISTERI | GAIRAH MALAM
Fakta bahwa si dia pernah mengkhianati hubungan memang mengecewakan dan tidak bisa diubah. Tapi bukan berarti si dia juga akan melakukan hal yang sama terhadap Anda. Coba bicarakan apa yang terjadi pada hubungan masa lalunya. Jika dia tidak mau menjelaskan dan tidak berniat mengubahnya, ada kemungkinan dia akan mengulanginya. Anda patut waspada, tapi jangan bersikap menghakimi.

3. Pernah Diselingkuhi
ide gue sih gini, kalo kamu?? UNIK | GOKIEL | ANEH | TIPS | SEX EDU | MODEL SEKSI | MISTERI | GAIRAH MALAM
Pria yang pernah diselingkuhi kekasihnya, kemungkinan punya masalah kepercayaan. Mereka cenderung menaruh rasa curiga berlebihan pada orang lain dan mungkin bisa berujung pada sikap posesif. Saat awal-awal pertemuan, pria seperti ini mungkin tidak bisa terbuka dengan pasangannya karena takut patah hati lagi. Untuk menghadapinya, cobalah bersabar dan yakinkan bahwa Anda berbeda dengan kekasih di masa lalunya.

4. Pria yang Pertama Kali Berpacaran
ide gue sih gini, kalo kamu?? UNIK | GOKIEL | ANEH | TIPS | SEX EDU | MODEL SEKSI | MISTERI | GAIRAH MALAM
Pria berusia 25 tahun ke atas yang belum pernah berpacaran mungkin jarang ditemui sekarang ini. Tapi bila kebetulan Anda bertemu dengan pria tipe ini, ada kemungkinan dia orang yang terlalu pemilih atau takut ditolak wanita. Faktor-faktor tersebut bisa jadi penyebab kenapa dia masih saja single.

5. Ia Memang Playboy Sejati
ide gue sih gini, kalo kamu?? UNIK | GOKIEL | ANEH | TIPS | SEX EDU | MODEL SEKSI | MISTERI | GAIRAH MALAM
Pria tipe ini dikenal memiliki banyak taktik untuk mendapatkan wanita. Meskipun mungkin sikapnya menunjukkan kalau dia tipe pria setia, Anda harus berhati-hati karena itu bisa jadi 'senjatanya' untuk menarik hati wanita. Apalagi bila sebelumnya Anda pernah mendengar 'record' nya sebagai playboy. Pria playboy cenderung mudah berpindah ke lain hati dan sulit berkomitmen pada satu wanita. Setelah mendapat wanita yang diinginkan, dia bisa saja meninggalkan Anda.

Puisi - Aku Adalah Cinta

Hihi, ibaratkan lo tuh cinta???! seperti apa rasanya.


Aku Adalah Cinta


Aku tidak bisa dilihat
Tapi semua merasakan
Aku tidak dapat ditinggikan
Tapi semua memujaku

Kadang aku bingung
Semua menganggap aku itu menarik
Aku terima itu
Kadang aku heran
Kenapa aku ada disini

Semuanya mencari keberadaanku
Meskipun itu didepan mata
Mereka bilang aku buta
Tapi kenapa aku harus ada apabila buta
Kaum adam hawa sangat membutuhkanku
Jati diriku yang sejati

Kata orang aku bisa membuat orang bunuh diri
Jika aku meninggalkannya
Aku sudah biasa dibilang monyet
Tapi aku yakin mereka senang

Semua orang ingin aku hidup seumur hidup
Mendampingi yang memilikiku
Dimana-mana namaku berkumandang
Kadang aku keterlaluan
Maafkan aku yang sudah ku terlalukan

Kadang aku datang sendirinya
Hanya dengan pandangan pertama
Banyak yang bicara, aku ditentukan oleh tuhan
Aku hanya pasrah mendengarny

Salam yang mengenal aku
Aku tidak separah yang kalian pikirkan

Puisi - Suara Malam

Hmmm. . . .



Suara Malam


Jantung ini mulai memberontak
Berjalan di langit gelap
Bintang mengumpat dibalik awan
Bulan bersinar sabit

Teriakan jangkrik menggema
Dengan irama tak karuan
Pohon tegak menjulang ke atas
Rimbun ditengah kegelapan

Daun kering terisak
Menahan beban tubuhku
Keras dan semakin keras
Daun – daun kesakitan

Kaki mengayun cepat
Napas memburu kencang
Pandangan gelap gulita
Tangan meraba – raba

Sunyi . . . .
Tidak ada suara
Bulan tersenyum melirik
Ciptaan tuhan tersesat

Puisi - Wanita yang Menangis

Di komen, bolehlah!!


Wanita yang Menangis


Telingaku terbakar mendengarnya
Hati terpaksa melihat batinnya
Jeritan isak tak kunjung henti
Sunyi malam bergema gila

Kencang tak bertautan
Air mata menemani teriakkannya
Ada apa dengannya?
1 banding 1000 kejadian langka ini

Tak kuasa dan tak kuat
Melihat saja enggan
Apalagi sengaja membuka kuping
Perasaan mengetuk pintu batinku

Kubukanya pintu itu
Mengangalah mulut tunggal ini
Dengung amat perih hampir. . .
Hampir menyayat jiwaku

Berusaha. . .
Menjahit luka yang lebar
Ucapan manis terlontar
Napasnya mulai teratur

Diam. . .
Aku tersenyum
Tenang. . .
Penuh senyuman

Puisi - Merdeka

 Waktu nulis nih puisi. Nasionalisme gue lagi berkobar, huahaha


 Merdeka


Darah bercucuran di tanah air
Otak berkecamuk mengatur strategi
Peluru berlari kencang diatas kepala
Mental baja dinding dari perjuangan
Siang malam dalam medan perang

Membabi buta menebas lawan
Jiwa berpulang dari raga yang tegap
Air mata milik tak bersalah
Terpaksa jatuh dengan deras
Hujan badai bukan tandingan mereka

Diri sendiri bukanlah hal yang naif
Diri negara adalah segalanya
Jiwa raga dipertaruhkannya
Apalah artinya nama bergelar
Kecuali untuk bangsa dan negara

Nafas terus menghantam
Tidak ada kata lelah, takut, sakit, dan tunduk
Sulit untuk dirangkai
Satu kata agar membahana
merdeka

Puisi - My Dear

Iseng - iseng buat si Doi, hahay

My Dear

Kasih sayangmu terus menghantuiku
Menjelma menjadi aura tubuhku
Pikiran enggan melangkah jauh dari bayanganmu
Tak bisa menghapus catatan
Catatan harum bersamamu
Walaupun satu lembar

Katamu ini adalah mimpi indah
Mimpi indah yang pernah singgah dalam tidurmu
Tapi kamu terkejut di dunia nyata
Mimpi indahmu kini hadir di duniamu

Aku mulai berharap
Akulah yang hadir di duniamu
Meyakinkan mimpi indah itu nyata
Agar kamu merasakannya

Waktu menarik kita untuk menyapa
Diriku mengatakan: aku sayang kamu
Rasa cinta menyelimutiku dan kamu
Kita diselimuti rasa cinta

I Love You, My Dear

Kutipan buku 5cm

Ada yang udah baca novel 5cm belom? nih, buku keren bro! tentang persahabatan. Gue saranin lu baca. sekedar kutipan nih, isi bukunya.

Original Lines from 5 cm Dreams, Friendship, Passion, Courage, Perseverance and a Privilege For 60 years of our independent days Here are some of the original lines quoted from 5 cm, taken from 5 cm by Donny Dhirgantoro. Hope you enjoy it. MERDEKA!!!!!

“Untuk tanah merahku… sebagai sebuah hadiah ulang tahun ke 60″


“Ta…, ini yang lo bilang… samudra diatas langit?”


“Dari mana lo ‘Ple?” Arial bertanya ke Zafran. “Dari tanah air gue yang indah…”


“Iya apa yang gue takutin kalo gue bilang bisa, gue pasti bisa.”


“Cuma di puncak sana aja yang ada upacara tujuh belasannya?” Riani bertanya lagi “Enggak lah… kalo kita jeli hampir di tiap puncak di Indonesia tiap tujuh belasan pasti ada yang naik untuk upacara. Pers aja jarang merhatiin padahal keren kalo dibuat liputan…”


“Benerin gue kalo salah, zaman sekarang banyak orang yang hidup tapi nggak bener bener hidup” kata Genta sambil mengangkat dua tangannya dan jarinya memberi tanda kutip pada kata hidup.


“Inget nggak? Waktu itu malam minggu jam tiga pagi kita berhenti diatas jembatan semanggi terus teriak teriak dari atas jembatan tiduran tiduran di tengah jalan. Abis itu kita bengong bengong ngeliat sudirman dan gatot subroto yang lengang kosong tapi keren banget… lampu lampu jalan dan lampu gedung… bertebaran… kayanya Jakarta punya kita doang.”


“Jadi orang yang bisa membuat nafas orang lain menjadi sedikit lebih lega karena kehadiran kita disitu…karena ada kita disitu…”


“Kalo kita nanti sampai puncaknya berarti kita berada di tanah paling tinggi di Pulau Jawa.”


“…dan yang bisa dilakukan seorang mahkluk bernama manusia terhadap mimpi-mimpi dan keyakinannya adalah mereka hanya tinggal mempercayainya…”


“Gue nggak mau nyerah… karena gue nggak bisa nyerah…!”


“kaki pegel sih biasa, asal jangan tekad yang pegel”


“Setelah Doa, cuma disiplin yang bisa nyelamatin kita disini.”


“Mahameru itu bukan cuma perjalanan alam tapi perjalanan sebuah hati”


“Udah belum yaa, gue punya manfaat buat orang lain?” “Udah belum yaa, gue bisa ngasih sesuatu dalam diri gue yang bisa buat orang lain bahagia?”


“Ta…” “Iya Yan?” “Nanti kita akan kesana? Berdiri di puncak itu? Berdiri disana?” “Iya” “Tinggi banget Ta…” “Iya” “Bisa apa kita Ta?” Genta terdiam matanya masih lekat di puncak Mahameru yang masih terlihat kecil. Mata Genta terpejam. “Kita yakin kita bisa?” Tiba-tiba Genta menengok ke teman temannya dan menatap tajam satu-satu “Gue udah taruh puncak itu dan kita semua disini” Arial berkata pelan sambil membawa jari telunjuk ke keningnya. Genta tersenyum ke teman temannya. “Kalo begitu, yang kita perlu sekarang cuma kaki yang akan berjalan lebih jauh dari biasanya, tangan yang akan berbuat lebih banyak dari biasanya, mata yang akan menatap lebih lama dari biasanya, leher yang akan lebih sering melihat keatas, lapisan tekad yang seribu kali lebih keras dari baja.” “Dan hati yang akan bekerja lebih keras dari biasanya.” “Serta mulut yang akan selalu berdoa.”


“Lo inget tentang gua Plato yang gue ceritain waktu itu di Secret Garden?”


“Tapi suara suara disini Mas” Mas Gembul tiba tiba menunjuk keningnya. Mas Gembul melanjutkan kembali sambil menarik nafas panjang. “Suara itu bilang bahwa aku bisa… Aku pasti bisa. Dan entah kenapa aku bisa dengan badan segede gentong gini.”


…dan entah kenapa kamu adalah orang yang bagaimanapun jeleknya berita di Koran dan bobroknya negara ini kamu selalu yang pertama bilang kalo dari semenjak lahir cuma tanah ini tempat kita berpijak kita dan airnya yang menghidupi kita setiap hari. Sebobrok apapun negara ini kamu bilang kamu sangat mencintai negara ini. Dan Saudaraku, itu terlihat dimatamu dan setiap aku ingat itu kadang aku menangis lagi.


Suara sesegukan jelas terdengar diantara barisan pendaki kala Indonesia raya yang berkumandang memenuhi pendengaran seluruh mahkluk tuhan yang paling sempurna di hari itu.


“Berani keluar dari zona nyaman lo, buat ngadepin semua yang ada di depan lo…” Firman diam lagi… pikirannya kemana mana merenungkan kata kata sahabatnya yang udah dia kenal semenjak kuliah, yang dia sendiri mengakui kalo Genta itu, enggak pernah nyerah, berani dobrak semuanya, berani dikritik, berani nggak mapan.


“Kalo.lo.yakin.sama.sesuatu.lo.taruh.itu.disini… abis itu lo kerja keras semampu lo” Genta berkata dengan jeda sambil meletakan jari telunjuk di keningnya.


“Kalo kita mau sebenarnya kita bisa raih apa aja yang jadi mimpi mimpi kita…”


“Enggak pernah ada manusia yang kalah, cuma pelajarannya aja mungkin agak berat dibanding yang lain”


“Gue nggak pernah belanja VCD bokep pake bon!!!”


“Di luar negeri mana ada abis nonton the Groove nonton layer tancep…”


“Jangan pernah ada yang cengeng! Nanti kalo ada monster gimana? Minder dong kita… Masa Power Rangers cengeng?”


“yang penting kita jangan pernah ngomongin kejelekan orang kalo orangnnya nggak ada kita nggak akan bantu dia soalnya dia nggak ada disitu, dan emang kalo ada kejelekan orang langsung bilang aja ke orangnya… dengan itu kita bantu dia mengerti akan dirinya…”


“Alo… Saya Ian. Marketing Dufan sekaligus sebuah branded baru dari Dufan yaitu gajah bledug warna ungu yang bisa ngomong, tapi bukan telletubies, untuk diketahui gajah bledug merupakan salah satu wahana favorit di Dufan. Untuk membuat gajah bledug pun gampang. Semenjak anak-anak gajah bledug harus direndem dalam minyak tanah supaya melar dan menjadi besar seperti saya, lalu ulaskan sedikit cream pembesar tiiit sensor pada perutnya dan jadilah gajah bledug. Trus kenapa warnanya ungu? Mudah saja kasih juice terong tiap pagi. Tertarik menikmati wahana gajah bledug? Datanglah ke Dunia Fantasi. Saya ada penawaran baru bulan ini di Dufan masuk dua bayar satu dengan syarat…”


Seperti biasa Ian difoto pake handphone.


“Jadi kesimpulannya mulai sekarang gue jadi gurunya Genta dan Genta jadi murid gue. Kaya Socrates sama Plato.” “Tapi dua-duanya kan beda. Gue juga pernah baca kalo dari fisik Socrates itu orangnya pokoknya tidak menarik dan buruk rupa, sementara Plato itu ganteng abiss.” kata Ian “Haa??!!” Zafran yang merasa ganteng, mulai terganggu ego kevokalisannya. “Ya udah gue jadi Plato aja. Biar si Genta jadi Socrates.”


“Pagi… Oh maaf Mas baru minggu kemaren tuh kantor kita outing ke Taman Teletubbies yang baru itu yah. Waduh Taman Teletubies baru buka aja promosinya gede gedean sampe ngirim Tinkywinky ke kantor gini. Inget nggak sama saya? Kan saya kesana minggu kemaren.” Kali ini Ian disangka Tinkywinky dari gerombolan Teletubies yang kerjaannya maen mulu Tapi Ian udah kebal. “Maaf mbak saya bukan Tinkywinkynya Telletubies tuh di perut saya nggak ada TVnya” bela Ian sambil melihat baju ungunya. “Salah gue pake ungu, dikira Tinkywinky deh!” “Oh maaf…” kata Mbak Resepsionis, masih nggak percaya.


“Saudara-saudara, hari ini kita kedatangan tamu penting suatu kehormatan tersendiri. Saudara-saudara pasti ingat dulu bayi lucu dan gemuk yang ada tulisan no problem dibawahnya, sekarang bayi itu udah gede dan dia adalah salah satu murid bimbingan skripsi yang saya pegang. Saya bangga sekali.” “Saudara Ian silakan berdiri…” Ian pun kaget dan terpaksa berdiri. Semuanya tepok tangan. Mata Ian kacau semuanya berputar dalam slow motion putih biru kuning…. “Iya gila mirip lho… Gilee gedenya begini sama aja. Gemes-gemes” Pipi Ian dicubit. Ian difoto pake handphone blitz blitz putih. Ian stress. Ian diseruduk truk, abis itu kecebur got, gotnya ada radioaktif, radioaktifnya bikin Ian impoten, Ian pergi ke Ma Erot, Ma Erot lagi bete prakteknya di Arab nggak laku, Ian diusir Ma Erot, Ian berobat ke luar negeri, pesawat Ian jatoh, Ian di bawa kerumah sakit, Ian sadar, Ian nanya keadaannya ke dokter, Dokter jawab “No Problem” …Ian pingsan lagi. Ian nyesel udah bo’ong.


“Bu’e…kok malam malam masih jualan?” Riani bertanya sambil memegang bahu sang ibu. “Cari nasi Nak. Kalau ndak jual nasi, Mbok ndak punya uang” si Mbok menjawab dengan bahasa Indonesia sedanya dengan logat Jawa yang kental. “Suaminya kemana Mbok?” “Sudah meninggal” Riani tiba tiba menyesal menanyakan suami si Mbok. “Mbok ini aku kasih lebih ya, buat mbok. Tapi besok pagi mbok janji nggak usah ke pasar minta kardus,mbok tidur aja di rumah. Janji ya Mbok!” “Terima kasih ya Mbok, terima kasih banyak” Genta memegang bahu si Mbok. Mereka berempat berjalan masuk kekereta. Dinda dan Riani menyeka matanya dengan tissue. Diantara malam yang jauh, dingin dan asing, mereka masih bisa mendengar doa lelah si Mbok di telinga mereka.


Aku masih ingat saat reformasi tercapai dan Indonesia Raya berkumandang kita berpelukan dengan siapa saja yang kita temui di gedung itu biarpun tidak ada yang kita kenal. Aku masih suka menangis kalo inget kamu mencium aspal jalan Jakarta sambil mengucap syukur dan melihat ke langit senja Jakarta. Pemandangan itu yang nggak pernah aku lupa dan membuat keajaiban hati kamu yang selalu mencintai tanah air ini tak pernah hilang..di hati ku dan di hati teman teman…


Zafran membuka lagi matanya perlahan serombongan orang desa yang sedang menunggu kereta lewat di perlintasan, wajah wajah penuh senyum melihat kereta, petani dengan cangkul dan bakul selempang kain, ibu muda yang tertawa lepas dengan caping tani di tangannya, bapak tua berpeci dengan seragam guru tersenyum ramah ke para petani, anak kecil berseragam SD penuh tawa yang berlarian dan langsung mencium tangan sang guru… mulutnya mendesis pelan, “Negeri ini indah sekali…”


“Karena kita dulu yang teriak teriak anti KKN bukan? Masa kalo saatnya kita tiba jadi orang kantor atau punya bisnis sendiri, jadi manajer atau bahkan CEO kita KKN? Nah teriakan teriakan kita dulu waktu zaman reformasi itu buat apa?!” Di tempat gue sekarang kerja kan isinya kita-kita. Angkatan eksponen reformasi dulu yah. Jadinya kita janji kalo kita coba sama sekali nggak pernah dan nggak akan ngelakuin bisnis pake KKN segala. Mudah mudahan yang kaya gitu bisa kita jaga entah sampai kapan…” “Tapi itu susah kan ya Ta?” Arial bertanya pelan ke Genta. “Apalagi di dunia bisnis yang sikat sana sini, masih banyak yang kaya gitu” Dinda berkata pelan. “Iya susaaah banget… sumpah!” Genta berkata pelan sambil menunduk matanya menatap ke depan kosong.


“Emangnya ulang tahun anak kecil jam 4 yang pake undangan kartu kecil gitu sama jam kosong nanti kita gambar sendiri deh jarumnya…” Arial tertawa denger Indy ngomong barusan. “Yo’i yang tulisannya …pasti pake ch” sambut Arial. “Apa tuh ch?” “Datang yach ke ulang tahunku. Pasti acaranya rame banget nich”


Genta melihat rasi bintang Riani terpantul di permukaan Ranu Kumbolo.


Dan disini di Archopodo kamu tiba tiba menghilang dan kembali kepangkuan-NYA. Sudah beberapa tahun ini aku selalu kembali lagi kesini dan tidak pernah lupa membawa merah putih yang waktu itu kamu ambil di ruang BEM karena ingin kamu kibarkan di Mahameru…seperti tahun lalu bendera ini akan berkibar di Mahameru dan kamu boleh yakin, tahun ini sebentar lagi bendera ini akan berkibar di Mahameru… dan kami akan mengingat kamu setiap bendera merah putih berkibar di mana saja. Sebuah cinta memang harus diungkapkan, karena tidak pernah ada cinta yang disembunyikan,kecuali oleh seseorang yang terlalu mencintai dirinya sendiri.


Genta diam saja… dia memang mulai terasa lelah sekali, tapi dia tau kelima temannya ini mengandalkan dirinya dan dia nggak boleh menurunkan mental mereka. Untuk sekarang Genta adalah pemimpin di rombongan kecil ini dan pada saat ini dia nggak boleh ngeluh, nggak boleh ngomong nggak tau dan nggak boleh nggak bisa ngambil keputusan.


“Sampai jumpa dipuncak” Ian menepuk punggung Deniek.


“Disini. Kita. nggak .akan. pernah. tau” desis Deniek pelan. Deniek memberikan senyum sedikit sekali, yang membuat bibirnya tidak dapat terbuka lebar.


“Tempat ini menyeramkan…” “Ih..tempat apa ini…” “Serem banget…” “Sumpah gue merinding…!” “Kita di… Kalimati.”


Malam itu Genta tertidur bersama sang mahadewi,ibu yang telah memberikan tanah dan airnya setiap hari semenjak Genta lahir, ibu yang hilang dan baru saja ditemukannya malam ini .Di kaki Tumit gagah Mahameru,dipeluk dinginnya malam, sang ibu pun memberikan udara hangat penuh cinta melalui pelukannnya sambil tersenyum ke salah satu anaknya yang tidak pernah sedikit pun hilang di matanya. Air mata bahagia sang ibu sedikit menetes, sebagian hinggap di dedaunan menunggu pagi, sebagian jatuh membasahi tanah Ranu Pane.


“Biasanya kalo manusia ngerasain keindahan yang amat sangat dia secara reflek akan memejamkan mata dan membawa keindahan itu ke hati karena keindahannya nggak bisa diucapkan dengan kata kata atau diterjemahkan dengan cara apapun sama indera fisik, tapi sekarang kayanya disini teori itu bisa dibantah…”


“Iya apa yang gue takutin kalo gue bilang bisa… gue pasti bisa.”


Ah… kamu memang orang yang sangat mencintai tanah ini. Ingat kedua kalinya kita ke Jakarta? Waktu itu kita kembali berjalan diantara gedung gedung tinggi di depan kampus Atmajaya bersorak semangat reformasi dengan jaket almamater kebanggaan kita menuju ke gedung MPR? Inget nggak? Ada ibu-ibu dan bapak-bapak dijalan yang berteriak-teriak “hidup mahasiswa! hidup mahasiswa!” Atau nasi bungkus seadanya dari ibu-ibu yang kita lahap di trotoar Gatot Subroto. Kita seperti pahlawan perang yang di elu elukan. Aku kadang menangis lagi kalo inget bagaimana dulu kita menangis haru bahagia saat reformasi akhirnya tercapai. Kita berlarian senang berteriak teriak diantara lorong gedung rakyat naik keatapnya, melambaikan bendera merah putih diatas atap dan berteriak MERDEKA! keras sekali… di senja Jakarta, kata kamu waktu itu “pasti Tuhan mendengar kita” Aku selalu ingat itu!


“Ada orang yang mau nyerah, tapi gue bukan orang kayak gitu”


“Saya, Ian… saya bangga bisa berada disini bersama kalian semua, saya akan mencintai tanah ini seumur hidup saya, saya akan menjaganya, dengan apapun yang saya punya,saya akan menjaga kehormatannya seperti saya menjaga diri saya, seperti saya akan selalu menjaga mimpi mimpi saya terus hidup bersama tanah air tercinta ini…”


“dan yang bisa dilakukan seorang mahkluk bernama manusia terhadap mimpi mimpi dan keyakinannya adalah mereka hanya tinggal mempercayainya…”


“Manusia yang nggak percaya sama Tuhan? Sama saja dengan manusia yang nggak punya mimpi? …cuma seonggok daging yang punya nama.”


Sang pencipta tidak pernah memberikan apa yang manusia pinta, seperti cinta. Ia memberi apa yang manusia butuhkan.


“Keep our dreams alive and we will survive”


Donny Dhirgantoro

15 June 2011

Hadoooh Melinda

Wahah, si Melinda komplain bro!!



ide gue sih gini, kalo kamu?? UNIK | GOKIEL | ANEH | TIPS | SEX EDU | MODEL SEKSI | MISTERI | GAIRAH MALAM

ini status hotman yang di gosipin ama melinda

ide gue sih gini, kalo kamu?? UNIK | GOKIEL | ANEH | TIPS | SEX EDU | MODEL SEKSI | MISTERI | GAIRAH MALAM

ide gue blogspotWadooh dah . . . .

Wahah, gambarnya??

Kocak nih kocak, Simak yoo!!

Duh, linu aku ngeliatnya...

ide gue sih gini, kalo kamu?? UNIK | GOKIEL | ANEH | TIPS | SEX EDU | MODEL SEKSI | MISTERI | GAIRAH MALAM



Cuma ada di Indonesia, kalo darurat disuruh mecahin kaca yang isinya… kosong!!? atau mungkin berisi brosur instruksi lain??

ide gue sih gini, kalo kamu?? UNIK | GOKIEL | ANEH | TIPS | SEX EDU | MODEL SEKSI | MISTERI | GAIRAH MALAM



Salah ketik yang sangat sangat sangat fatal !!

ide gue sih gini, kalo kamu?? UNIK | GOKIEL | ANEH | TIPS | SEX EDU | MODEL SEKSI | MISTERI | GAIRAH MALAM



Orang yang banyak maunya nih,, hehe

ide gue sih gini, kalo kamu?? UNIK | GOKIEL | ANEH | TIPS | SEX EDU | MODEL SEKSI | MISTERI | GAIRAH MALAM




Cuma ada di Indonesia, penjahat tenang melenggang meninggalkan barang bukti,, hihi…

ide gue sih gini, kalo kamu?? UNIK | GOKIEL | ANEH | TIPS | SEX EDU | MODEL SEKSI | MISTERI | GAIRAH MALAM



Cuma ada di Indonesia, Miki Tikus punya saudara..

ide gue sih gini, kalo kamu?? UNIK | GOKIEL | ANEH | TIPS | SEX EDU | MODEL SEKSI | MISTERI | GAIRAH MALAM



Wahah, beritanya kaya gini,…

ide gue sih gini, kalo kamu?? UNIK | GOKIEL | ANEH | TIPS | SEX EDU | MODEL SEKSI | MISTERI | GAIRAH MALAM



Gilee, cekcok aja bisa sampai ke menu makanan…

ide gue sih gini, kalo kamu?? UNIK | GOKIEL | ANEH | TIPS | SEX EDU | MODEL SEKSI | MISTERI | GAIRAH MALAM



Cuma ada di Indonesia, kos-kosan bisa memuaskan pelanggan… loh!?

ide gue sih gini, kalo kamu?? UNIK | GOKIEL | ANEH | TIPS | SEX EDU | MODEL SEKSI | MISTERI | GAIRAH MALAM



Apa coba??

ide gue sih gini, kalo kamu?? UNIK | GOKIEL | ANEH | TIPS | SEX EDU | MODEL SEKSI | MISTERI | GAIRAH MALAM



Cuma di Indonesia, Manohara bisa jadi isi cilok… !?

ide gue sih gini, kalo kamu?? UNIK | GOKIEL | ANEH | TIPS | SEX EDU | MODEL SEKSI | MISTERI | GAIRAH MALAM



Merek motor baru "Harlay Davidson"

ide gue sih gini, kalo kamu?? UNIK | GOKIEL | ANEH | TIPS | SEX EDU | MODEL SEKSI | MISTERI | GAIRAH MALAM



Pengumuman… Pengumuman…

ide gue sih gini, kalo kamu?? UNIK | GOKIEL | ANEH | TIPS | SEX EDU | MODEL SEKSI | MISTERI | GAIRAH MALAM




Mungkin Michael Jackson pernah ke Jl. Sawo ini ?!

ide gue sih gini, kalo kamu?? UNIK | GOKIEL | ANEH | TIPS | SEX EDU | MODEL SEKSI | MISTERI | GAIRAH MALAM




Cuma ada di Indonesia, satria baja hitam pakai jas hujan, tengah terik pula, hehe..

ide gue sih gini, kalo kamu?? UNIK | GOKIEL | ANEH | TIPS | SEX EDU | MODEL SEKSI | MISTERI | GAIRAH MALAM




Almarhum Mbah Surip pernah kerja di SPBU loh… atau jangan2..!?

ide gue sih gini, kalo kamu?? UNIK | GOKIEL | ANEH | TIPS | SEX EDU | MODEL SEKSI | MISTERI | GAIRAH MALAM




Cuma ada di Indonesia, abis di POTO lalu dikasi bonus KOPI

ide gue sih gini, kalo kamu?? UNIK | GOKIEL | ANEH | TIPS | SEX EDU | MODEL SEKSI | MISTERI | GAIRAH MALAM

ide gue blogspotHahah, Indonesia punya tuh semua!!
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...