26 December 2011

Sang Kakek Penumpang Trans Jogja


Ini gue ambil dari kutipan tweet temen gue.. Tenang bukan kutipan porno atau yang galau galau -_-

Jadi temen gue ini abis pulang dari beringharjo

Kejadiannya itu di shelter trans jogja

Seorang kakek memegang jam tangan saya

“ Jam berapa mas?”
“ Jam setengah satu pak” Jawab saya sambil senyum. Bapak itu pun tersenyum
“ Bagus ya jamnya, rolex ini?”
“ Bukan pak, hehe”
“ Oh, saya kira rolex. Dulu saya punya satu, sudah saya jual mas” kata bapak itu
“ Ooo dijual kenapa pak?”
“ Yaa itu biar cucu saya masuk SD hehe”
“ Ooh cucu bapak berapa?”
“ Ada 6 mas. Dua perempuan, sisanya lanang”

Si bapak diam. BB saya berbunyi dan saya keluarkan dari saku. Home screen saya berisi foto saya dengan teman lawan jenis saya (perempuan) saat etnika fest. Sang kakek nyeletuk

“ Wooh, ayu ya pacarnya”

Saya kaget dan menjawab

“ Waah, bukan pacar pak, ini temen – temen kuliah saya”
“ Mase kalo mau dapet pacar cantik juga bisa” katanya bergurau
“ Aamiinn” jawab saya

Bis datang. Aku tepat dibelakang bapak itu saat masuk ke bis. Ia menolak untuk duduk

“ Itu ada mbaknya yang belum duduk”

Hebat sekali kakek ini pikirku, masih mementingkan wanita. Tidak seperti mas-mas muda lain yang duduk. Dia menyapaku lagi

“ Eeh masnya disini”
“ Iya pak, bapak mau kemana?”
“ Samsat mas, rumah anak saya disitu. Masnya mau kemana?”
“UGM pak, mau pulang ke kos” kakek itu mengangguk
“ Kosnya sama kayak kampusnya mas?”
“ Iya pak hehe deket kampus kosan saya”
“ Yooo bagus, bisa fokus belajar dong”
“ Iya pak alhamdulillah”
“ Mas, ini kok anak-anak muda masih kuat berdiri nggak mau ngalah sama mbak-mbak yang berdiri ya?” ujar kakek ini mengomentari penumpang, aku curiga

Aku curiga, tatapan matanya tidak fokus. Apakah mungkin bapak ini tuna netra? Tetapi kenapa dia tahu kalau mbak-mbak gak dikasih duduk?

Ia akhirnya turun di samsat, aku melihat ia jalan menggunakan tongkat penuntun, ia tunanetra! Merinding, gimana dia bisa tau semuanya ya? Bodohnya aku sempat suudzon, dia pura-pura buta mungkin. Tapi kenek transjogja berucap

“ Dia memang begitu mas, enggak tau ngeliat pake apa”
“ Dia pernah bilang ke saya, dia tuna netra sejak lahir. Tapi anak cucu normal semua, kekuatan mata saya dipindahkan ke hati sama gusti”

Kata – kata itu terngiang

“ Kekuatan mata saya dipindahkan ke hati sama gusti”

Apakah selama ini kita sebaliknya ya? Mata kuat tapi... ....

Hati kita gampang gundah gulana, gak perasa, gak peka dan gak peduli. Begitukah?

Kalo boleh jujur sih gue kadang begitu masberroooo :D  yaa, kita jadi pelajaran aja nih yang ngaku anak muda! Lebihlah bertindak memakai hati, meskipun hati itu bukan panca indera kita.

Kalo mau liat tweetnya bisa cek disini @odydc twitter temen gue yang mengalaminya.

15 December 2011

Artikel Tentang Akhir Tahun

Tugas ane dikampus nih brooo... . . sempetin komen yah kalo sekiranya tulisan ini berguna :D


Akhir tahun sebentar lagi akan tiba. Kini saatnya untuk menutup coretan kehidupan di lembaran tahun 2011. Tinggal menghitung minggu lagi kita menyambut tahun 2012. Saatnya kita menghapus kesalahan yang telah dilakukan di tahun 2011. Sebelum kita menginjak ke tahun yang baru pasti kita sudah memiliki rencana untuk kedepannya, dimana kita tidak ingin mengulangi kesalahan yang sudah dilakukan di tahun sebelumnya. Maka dari itu kita akan membuat komitmen tentang apa yang akan dilakukan dan proyek apa yang akan dilaksanakan di tahun berikutnya. Istilah ini biasa disebut dengan resolusi tahun baru. Tetapi kebanyakan orang resolusi tahun baru hanya sekedar catatan biasa yang ujungnya sekedar isapan jempol belaka.

Sebetulnya apa yang sudah terjadi di tahun sekarang bisa dijadikan evaluasi bagi kita untuk membuat resolusi yang lebih sempurna untuk tahun depan. Pembuatan resolusi tahun baru yang kita rancang itu belum tentu terlaksana. Jadi saya akan memberikan sekedar tips bagaimana agar kita bisa merancang resolusi tahun baru yang mungkin mencapai keberhasilan yang maksimal.

Apa sajakah kesalahan yang biasa orang buat saat membuat resolusi tahun baru? Berikut mungkin contoh yang bisa menjelaskan hal tersebut.

Ingat, kita membuat rencana jangan hanya diatas kertas. Tapi diiringi dengan tindakan yang mendukung rencana kita!! Ibarat kita tahu makanan itu lezat tapi kita tidak mau mencicipinya. Jadi tindakan itu kunci kita menuju kesuksesan.

Pertama, tidak ditulis. Mungkin bagi orang yang memiliki tingkat ingatannya yang kuat hal ini tidak perlu diperhatikan. Tetapi bagi kalian yang merasa tidak memiliki kemampuan tersebut, apa salahnya untuk mencatat semuanya. Jadi kita tidak perlu repot membuka file otak yang butuh waktu untuk membukanya. Hanya membuka buku catatan, lebih mudah untuk menemukannya, lalu tinggal kita laksanakan.

Kedua, tidak sesuai kebutuhan. Kenapa saya menyebutkan hal ini? Sebelumnya saya menganjurkan kalo bermimpi itu boleh saja. Tetapi apakah mimpi kamu itu ingin direalisasikan sedangkan kebutuhan kamu terbatas? Berpikirlah lebih logis dan realistis. Daripada kamu kecewa akan tidak terlaksananya resolusi yang sudah dibuat.

Ketiga, tidak memilih target dengan baik. Jangan sampai kita membuat resolusi untuk sendiri malah dari opini media atau dari pembicaraan orang lain. Karen itu bukan dari kemauan nurani sendiri. Jadi saya sarankan, buatlah resolusi tahun baru anda sendiri atas dasar keinginan anda. Karena itu akan jadi motivasi yang tinggi bagi kita dikala nanti terjatuh.

Kita pun harus mengetahui jenis – jenis resolusi waktu yang banyak dibuat oleh orang – orang. Kita bisa lihat dari penjelasan berikut

Pertama, Pencapaian. Pasti ada yang ingin anda miliki ditahun depan, misalkan mobil mewah, rumah baru, atau pun istri baru? Nah, jadikanlah hal ini target kita untuk dijadikan resolusi kita.

Kedua, kebiasaan baru. Apakah di tahun ini anda merokok? Bagaimana kalo saya sarankan di tahun depan untuk berhenti? Jadi seperti itulah kebiasaan baru. Tentu saja kebiasaan baru ini yang bersifat positif. Kalo yang negatif sama saja menambah parah kehidupan anda!

Ketiga, keluar dari zona hijau. Ini salah satu yang sulit dilakukan. Apakah anda berani? Kenapa tidak? Kita coba hal yang baru. Misal sebelumnya kita tidak berpikir untuk keliling Indonesia. Jadi, kita lakukan di tahun depan sebagai acuan kita menuju perubahan.

Setelah semua jadi. Bagaimana kita mewujudkannya dengan mudah? Kita butuh strategi, strategi untuk tercapainya tujuan resolusi.

Pertama, tuliskan apa saja yang diperlukan untuk tercapainya resolusi. Kita mulai memikirkan aset apa aja yang diperlukan. Dari aset fisik dan aset non fisik. Aset fisik berupa uang, makan, alat, dan tempat. Sedangkan aset non fisik berupa keahlian, keterampilan, ilmu, dan pengalaman.


Kedua, tuliskan daftar – daftar orang yang dapat membantu. Anda pasti mempunyai banyak teman. Manfaatkanlah relasi tersebut untuk pencapaian resolusi anda. Karena suatu saat kita pasti membutuhkan mereka.

Ketiga, bertindaklah untuk mewujudkan resolusi anda. Jangan setengah – setengah, sehari dilakuin besoknya nganggur. Tekadkan mulai dari hari pertama sampai akhir tahun, setiap hari.

Keempat, berdo’a dan tawakal. Tanpa melakukan ini semuanya seperti makanan tanpa garam. Lengkapilah dengan do’a agar setiap perbuatan kita di ridhoi dan tidak sia – sia.

Kelima, bersabar. Selama memperjuangkan resolusi kita jangan tergesa – gesa. Pakailah kesabaran dalam mewujudkannya. Daripada terburu – buru malah anda tersandung ditengah jalan.

Jadi, siapkah anda membuat resolusi untuk tahun depan? Jangan pikir panjang lagi, toh ini untuk keberhasilan hidup kita. Ambil buku catatan anda pikirkan ide cemerlang, tuangkan segalanya. Lalu tinggal kita mewujudkannya.

09 December 2011

Puisi - Ketidakpastian


Ketidakpastian


Aku lelah tertatih
Kaki terkekang bola baja
Langkah berat berpijak
Menopang tubuh tak karuan
Dimana kamu sekarang
Terus mencari sampai akhir hayat

Melambai terhuyung - huyung
Janji yang terlontar dari mulut
Mulut lintah yang licin
Saat ini aku terjatuh
Dari kelicinan lintahmu

Enyahlah kau lintah
Kan kubakar tubuhmu
Lalu akan ku makan abumu
Aku benci ini semua
Dengan ketidakpastian perkataanmu

05 December 2011

Tentang Cinta Part 8

Meskipun ingus cair mengalir tanpa henti dari hidung, aku tetap menyebarkan cinta!!!


aktivitas yang paling benar bukan diukur berdasarkan berapa lama kita sudah bersama
Maupun berapa sering kita bersama
Tapi apakah selama kita bersama kita selalu saling mengisi satu sama lain dan saling membuat hidup yang berkualitas
Kesedihan dan kerinduan hanya terasa selama yang kita inginkan
Dan menyayat sedalam yang kita izinkan
Yang berat bukan bagaimana cara mengulangi kesedihan dan kerinduan itu
Tapi bagaimana cara belajar darinya
Cara jatuh cinta
Jatuh tapi jangan terhuyung-huyung, Konsisten tapi jangan memaksa
Berbagi dan jangan bersikap tidak adil, Mengerti dan cobalah untuk tidak banyak menuntut
Sedih tapi jangan pernah simpan kesedihan itu
Memang sakit melihat orang yang kita cintai sedang berbahagia dengan orang lain
Tapi lebih sakit lagi kalau orang yang kita cintai itu tidak berbahagia bersama kita
Maknai sendiri yaa brooo... . . ..  :D
I Know, you can understand!!

02 December 2011

Tips Menghadapi Wawancara

Heellooooo maaberroooooo... . . . !!! ! !!

Gue dapet Tips nih dari dosen gue. Ini berhubungan sama yang namanya pekerjaan. Jadi begini, biasanya orang apabila ingin mendapatkan pekerjaan dia akan di test terlebih dahulu. Dari test kejiwaan, test fisik, dan lain lain dah. Nah, kalo kita ingin melamar pekerjaan dalam test itu pasti tidak akan lepas dari interview/wawancara. Setiap perusahaan pasti akan melakukan wawancara pada calon karyawannya. Apakah kegunaannya itu?? Jelas agar perusahaan mengetahui alasan pelamar untuk bekerja di perusahaan. Isi dari jawaban pelamar kerja akan berpengaruh terhadap perkembangan perusahaan yanh akan dia tangani. Nahh sekarang, bagaimana bagi pelamar kerja yang ingin memberikan kesan positive bagi si pewawancara?? Gue abis dapet ilmu nih dari dosen pengantar manajemen bisnis gue. 

Simaaakkk yaa broo... :D


    1.  Mengetahui kemampuan dan kelemahan diri


             Kenapa kelemahan? Disini agar kita meyakinkan bahwa kita pun memiliki kelemahan dalam diri kita. Jangan terus anda menonjolkan kelebihan anda, itu bisa membuat diri kita di mata pewawancara hanya omong kosong. Dengan begitu pewawancara akan menilai kita sebagai orang yang bijak untuk keberadaan diri kita sendiri. Setiap individu pasti memiliki kelemahan. 



    2.  Mencari tahu perusahaan yang akan dilamar

            Dalam wawancara tentu saja tidak terus - terusan pewawancara menanyakan tentang diri kita dan semua latar belakang kita. Di sela - sela wawancara ada kalanya kita disuruh bertanya. Pada saat inilah kita bisa memberikan pertanyaan kepada pewawancara tentang perusahaannya. Tidak ada salahnya kan? Justru akan membuat pewawancara berbicara panjang lantas kita yang mendengarkan. Dalam pembicaraan si pewawancara pasti ada sekilas promosi perusahaannya, sehingga dia akan berbicara panjang lebar.



    3.  Berbicara jelas, tegas, dan percaya diri

              "emm.. . . .mmm.. . emmmm" jauhkanlah kebiasaan seperti itu. Hal itu akan membuat kita terlihat lamban di mata mereka (pewawancara). Berbicaralah dengan intonasi yang jelas, keras, tapi tidak seperti menantang. Perkataan yang tegas akan membuat kita berwibawa daripada yang selengeaan seperti orang mabuk. Dengan terlaksananya semua itu otomatis kepercayaan diri kita akan terbentuk dengan sendirinya. Si pewawancara pun akan memberikan nilai plus untuk kita.



   4.  Hadir lebih awal dan penampilan profesional

            Apa jadinya kalo kita telat dalam test?? Belum kerja saja sudah telat bagaimana kelanjutannya? Jadi usahakan datang 15 atau 30 menit sebelum mulai wawancara. Agar kita bisa menyiapkan apa saja yang kiranya belum dipersiapkan. Sehingga tidak tergesa - gesa dan test pun lancar. Tunjukkan penampilan terbaik anda agar mata pewawancara betah melihat penampilan anda. Jangan terlalu mencolok dan norak, simpel tapi rapi itu juga sudah bagus.

Gimana broo?? Semoga ada manfaatnya yaa. . :D Tengkyuuu atas perhatiannya. TINGG!!!




*menghilang*


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...