24 March 2013

L.A lights Indie Movie


Tanggal 16 Maret gue dan temen - temen hadir dia acara tahunan yang selalu rame, seru dan kereeeennn!!! Acara ini berhubungan sama perfilman yaitu L.A Lights Indie Movieee !!!


Karena gue sekarang tinggal di bandung so gue ikut yang di bandung. Tempat acaranya di Balaikota Bandung, tahun ini adalah tahun ke-7 bagi LA Light mengadakan acara buat para filmmaker di Indonesia. Hmm yaaa cuman pulau Jawa doang sih heheehe. 

Disini tuh jadi ada banyak booth dimana kita bisa mendapatkan pengalaman dari pembicara. Masing - masing booth itu beda - beda. Ada booth Idea box, Pre-Production, Post-production, Casting, juga booth makanan juga ada doonnggg pastinya. Oiyah terus ada main stage buat band - band akustik nyanyi sama bincang - bincang gitu. 

Di booth Idea Box disini loe bisa ikut challange bikin sinopsi cerita dari gambar storyboard yang udah disediakan di boothnya. Gue ikut ini nih tapi gue bingung, soalnya cuman dikasih gambar doang terus gak berurutan gitu. Tapi gue berusaha untuk memproses semuanya dengan otak gue yoiiiihhh sok gini gue haha. Iya jadi kalo misalkan sinopsis loe bagus terus kayaknya keren nih buat dijadiin film maka sinopsis loe itu nantinya bakal dipilih, terus loe direkrut buat bikin film deeehhh. Gimana manteepp kan tuuuhh? 

Terus ada booth untuk DOP (Director of Photography) sama Director. Nah kalo ini loe nanti akan dikasih sepenggal skrip skenario gitu terus kalo milih DOP loe disuruh nentuin shot yang cocok buat skrip itu tuh darimana ajaaaaa. Kalo director loe disuruh ngitung berapa jumlah shot-nya sama konsep buat skripnya tuh kayak gimana hehehe. Asyik lah pokoknyaaa!!! Buat loe yang jago ngedit video, jago ngulik musik dan pengen tau lebih dalam tentang visual effect, booth Post-Production niih cocok banget. Segala tentang edit mengedit, musik, dan effect di film semuanya ada disini hehehe jadi nyesel bangetlah filmmaker yang gak dateng ke acara ini. Untuk yang tinggal di Malang sama Yogyakarta entar juga ada kok :D jadi yang tinggal di daerah itu dateng aja brooo :D kerennn daaahh!!! 

Oiyah kemarin tuh juga ada special workshop gitu, kalo ini beda lagi jadi kita di tempat yang ber-AC terus dapet ilmu dari mereka yang udah berkecimpung di dunia perfilman contohnya nih Garin Nugroho, Didi Petet, Ringgo Agus Rahman, Popy Sovia, dan masih banyak lagiiiii. Pas ngisi formulir untuk yang special workshop itu cuman boleh milih dua dari lima. Apa aja? Ada how to direct a musical scene, writer's lab, curhat produser: film gue harus laris manis, the future is off screen, how to set up your green screen tutorial. 

Naaahh, kalo gue sih ikut yang sesuai passion gue yaitu writer's lab dan how to set up your green screen tutorial. Di writer's lab gue mendapatkan banyak ilmu, banyuaaaaaakkkkkk angeeeetttt deh. Gue kasih deh nih, kalo kalian mau membuat film bingung ide cerita dapet darimana? so, yang kalian lakuin adalah dengan cara bagaimana jika ........ terus dilanjutkan dengan dan kemudian .......
Ngerti gak? contoh deh nih yaaaa kita ambil dari cerita film petualangan sherina yang ngebuat skrip jujur prananto. Bagaimana jika sherina yang satu sekolah dengan sadam yang selalu bertengkar di sekolah terlibat petualangan seru bersama dan kemudian mereka ternyata saling tahu karakter masing - masing dan akhirnya saling respect dan menolong. Nah itu begitulah bagaimana kita bisa memulai ide untuk bikin cerita film.

So yang ngaku filmmaker jangan ragu - ragu buat dateng ke acara ini. Biaya tiketnya gak mahal kok, malah sangat murah buat loe dapet ilmu yang jarang bisa di dapet, ini dari orang yang terlibat dalam pembuatan film lohh!!! Pasti kereeeennn :D 

4 comments:

  1. kemaren lupa harinya waktu mau nonton ingetnya balik dari planet dago liat banner indie movie duh ckckck

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...