Skip to main content

Panduan (sedikit) Bikin Skrip Film


Siapa yang demen bikin skrip film??? Beda loh ama skrip radio *yaiyalah eyang subur juga tau*
Dalam membuat skrip film disitu ada cerita nah ternyata gak semua cerita bisa untuk dijadikan sebuah film. Misalkan ada cerita si Bejo anak yang manja hari senin pergi sekolah terus pulang terus minta nenen, hari selasa sekolah lagi terus pulang terus nenen lagi, seterusnya begitu nah yang kayak gini nih cerita sih cerita tapi apakah cocok untuk dijadiin film? Yaaaahh, pikir aja sendiri deh yaa.

Tanggal 16 Maret yang Lalu kan ada Indie Movie nah gue ikut kelas Lab Writer. Ini tuh tentang gimana sih jadi srcriptwriter yang baik gitu. Ada beberapa poin - poin penting yang gue catet *rajin* oiya ilmunya ini langsung dapet dari Jujur Prananto. Kalo yang ngaku anak Film tapi gak tau siapa beliau wah besok - besok jadi anak layangan aja deh mendingan. Okeee langsung gue kasih tau cara bikin skrip film biar ciamiiikk !!!

Hal pertama yang harus kalian lakukan adalah lari keliling komplek rumah dengan keadaan telanjang dada dan cuma pake kancut. Engga enggaa itu gue bercanda hahaha *apasih* okeeehhh hal pertama yang harus kalian siapkan adalah premis. Apa itu premis? Premis itu kayak ide dasar gitu jadi sebelum buat konsep pasti ada premis. Terus untuk menciptakan premis yang bagus, jangan jauh jauh mikirin sampe ke Mexico sono coba aja dari hal sederhana mungkin seperti kehidupan sehari - hari loe. Mulailah dengan pertanyaan bagaimana jika.... lanjut dengan ....dan kemudian. Contoh nih misalnya, bagaimana jika gue anak super duper mami yang tiap hari nenen dan kemudian terjebak di hutan yang serem dan gelap cuma berduaan sama Morgan sm*sh. Itu tandi contoh ngasalnya yaaakk, kalian coba bikin yang bagusnya aja inget rumus bagaimana jika.... lanjut dengan ......dan kemudian. 

Selanjutnya itu film yang bagus itu harus ada tokoh utama. Haha yaiyalah masa film gak ada tokoh utamanya. Buat karakter tokoh utama itu yang disukai penonton. Gampang sih buat aja yang keren keren tentang tokoh utama loe, yaaa asal jangan yang sifatnya maho terus phobia ama PES kalo tokohnya cowok bisa jadi langsung di hujat itu mah. Kalo tadi tokoh yang baik buat lagi tokoh yang jahat (antagonis) dimana si antagonis ini tokoh yang menghalang - halangi si tokoh utama tadi. 

Terus, bagaimana tokoh utama berhasil mencapai apa yang dia inginkan. Misalnya cara untuk mencapai tujuannya itu dengan cara yang unik, luar biasa, dan spektakuler itu juga bisa. Contoh deh James Bond, dia itu kan pasti menang yah di setiap filmnya udah tau bakal menang kenapa kita masih aja nonton? Nah disini, kan kita pengen melihat aksinya si James Bond di setiap misinya. Aksi - aksi kerennya itulah yang kita tonton. Jadi cara si James Bond ini lah yang membuat film ini menjadi keren.

Lanjut lagi tokoh kita harus ada yang berubah. Miskin jadi kaya, cengeng jadi pemberani. Tapi dalam perubahannya itu harus ada syaratnya yaitu ada pemicu. Iya jadi kenapa sih kok bisa berubah gitu. Terus yang terakhir nih, bumbui di skrip film kalian dengan kasih unsur - unsur dramatik. Misalkan suspense (sesuatu yang menegangkan, penonton tau tapi si tokoh tidak tau) contohnya, kita tau kalo sebuah mainan anak kecil itu ada bom, tapi dalam film itu si anak kecil itu malah memainkan mainan itu tanpa dia sadari bahwa di dalam mainan itu ada bomnya. Begitu deh semoga aja ngerti ama tulisan gue haha. Bisa juga ditambahin twist, surprise, action, dan drama. Kalo mau buat skrip mulai darimana? lebih gampangnya coba mulai bikin sinopsisnya dulu terus lanjutin ke treatment baru deh loe buat skenarionya.

Wokeeeehhh, itulah semua apa yang gue dapet dari Indie Movie. Buat kalian yang cita cita jadi scriptwriter semoga aja tulisan  diatas bisa menjadi pemandu kalian untuk menciptakan cerita yang keren!! Selamat menerapkan :D

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Surat dari Anak yang di Aborsi

Broo, gue pengen share aja nih. Mungkin bagi loe yang punya fesbuuk note ini udah pernah ke telinga kalian. Jadi ini note berisi cerita tentang dimana sesosok bayi/anak yang telah di aborsi menulis surat kepada ibu yang telah mengarbosi dirinya. Nah, bagi yang pengen ngesex diluar nikah coba loe loe pada baca deh dan hayati!! -- Surat dari Anak yang di ABORSI -- ‎     Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarrakatuh Teruntuk Bundaku tersayang... Dear Bunda...     Bagaimana kabar bunda hari ini? Semoga bunda baik-baik saja...nanda juga di sini baik-baik saja bunda... Allah sayang bange...t deh sama nanda. Allah juga yang menyuruh nanda menulis surat ini untuk bunda, sebagai bukti cinta nanda sama bunda.... Bunda, ingin sekali nanda menyapa perempuan yang telah merelakan rahimnya untuk nanda diami walaupun hanya sesaat... Bunda, sebenarnya nanda ingin lebih lama tinggal di rahim bunda, ruang yang kata Allah paling ko

Cara Membuat Scroll Pada Blog Archive

Bagi kalian yang udah ngeblog bertahun - tahun lalu terus di blognya ada widget archivenya, pasti akan muncul sangat panjang kebawah bila di pilih. Nah, dengan ini kita bisa ngebuat scroll pada archive kita. Jadi hemat tempat deh. Bagi yang suka hemat - hemat bisa dicoba lah ini. Kalo demen yang boros - boros yaaaa, buat pengetahuan aja broo :D Moongggooooo.. . . .. . ... Cara Membuat Scroll Pada Blog Archive (Arsip Blog) 1. Login ke Blogger. 2. Di halaman Dasbor, kita pilih Rancangan . 3. Kemudian pilih Edit HTML 4. Beri tanda centang pada Expand Template Widget 5. Cari kode berikut <b:widget id='BlogArchive2' locked='false' title='Arsip Blog' type='BlogArchive'> 6. Kode lengkapnya adalah seperti ini <b:widget id='BlogArchive2' locked='false' title='Arsip Blog' type='BlogArchive'> <b:includable id='main'> <b:if cond='data:title'> <h2><data:title/

Poster "Anti Mencontek"

Jadi ceritanya sebelum UAS kan dosen pada rajin tuh ngasih tugas ke anak - anaknya dan kali ini gue di suruh ama dosen Komunikasi Grafis buat bikin poster. Tau kan lah yaaaa apa itu poster, tapi poster ini dikasih tema gitu dan temanya adalah "Anti Mencontek"  Seperti biasa kami para penganut SKS kepanjangan dari Sistem Kebut Semalam, berhasil membuat beramai - ramai di kontrakkan. Hasilnya gimana??? Liat aja penampakkannya di bawah....