08 April 2013

Perkataan Si Bapak Empunya Villa


Jumat malem kemarin gue melakukan makrab bersama @CUT_Film itu adalah komunitas film, kalo mau tau lebih lanjut follow aja itu twitternya :D di Villa Istana Bunga, Bandung. 

Apa yang pengen gue ceritakan ini bukan tentang makrabnya tapi tentang orang yang punya villa tersebut. Empunya villa itu seorang pria yang umurnya sekitar 50 tahun keatas deh. Pas sesi makan - makan gue ngeliat temen lagi denger si bapak itu lagi public spesaking yaaa forum kecil sih. Gue jadi tertarik dan makan deket si bapak itu. Mereka lagi ngobrolin politik gitu, kalo dari omongannya sih nie bapak orang pinter, maksudnya pinter disini bukan dukun yee. Gue yakin si bapak hidup sejak zaman Indonesia dijajah londo (Belanda) yaaa sotoy aja gue dari cara ngomong dia. Ada satu topik yang bikin gue ngomong dalam hati "oiyaa, bener juga yaah" apakah topiknya??

Bapak itu bilang suatu negara gak akan maju tanpa.... 3 hal.
Hal yang pertama itu visi dan misi, kedua manajemen, ketiga leader. 

Jadiii, sebagai sebuah negara itu harus punya visi dan misi. Tujuan dibawa kemana negara ini, mungkin bisa dibilang kalo visi misi kita itu pancasila yaahh sama UUD 1945. Mungkin loh yaa mungkin.... Iyaa masyarakatnya juga harus tahu dong visi dan misi negaranya, kalo engga yaaa gak sinkron. Makanya kita disuruh ngafalin Pancasila. Kalo negara gak punya visi misi sih yaaa pasti ketahuan hasil akhirnya bakal gimana, contoh aja deh jangan gede gede di organisasi aja kalo gak punya visi misi rasanya kurang afdol. Terbentuk sih terbentuk organisasi tapi ya gitu ibaratnya cuma jalan ditempat.

Hal yang kedua, Manajemen. So pasti ini mah kudu ada, kalo engga pasti bakal berantakan. Visi misi udah ada tapi pengurusnya ugal ugalan. Sekali lagi itu cuma ngebuat kita untuk lari ditempat. Sekarang tinggal bagaimana kita ngaturnya, tujuannya itu visi misi dan proses untuk mencapai tujuan itu adalah di bagaimana me-manajemennya. 

Ketiga ini adalah Leader. Buat ngejalanin sesuatu itu pasti ada pemimpinnya, orang yang menggerakkan. Inget ini leader loh yaaa bukan bos! Leader itu yang memandu orang orangnya supaya mencapai tujuan engga hanya nyuruh nyuruh dengan bacotnya yang gede. Kalo di negara siapakah yang menjadi leader? Yaaa pasti dia seorang Presiden. Dia yang memberikan perintah, perintah untuk mengatur segala manajemen agar bisa mencapai visi misi yang ada.

Gini deh misalkan kalo di keluarga. Bapak itu pasti menjadi leader biasanya, cerita bapak ingin berencana untuk pergi ke Ancol. Nah disini kan bapak sudah membuat misi yaitu pergi ke Ancol bersama sama. Bapak pasti akan mencari jalan kan bagaimana se-keluarga bisa menuju Ancol. Mulai deh disini ia me-menej segalanya mungkin dari transportasikah atau kapannya. Dengan begitu bapak akan kembali menanyakan kepada si Ibu dan anak, nah terjadilah musyawarah yang ujungnya menciptakan solusi untuk mencapai tujuan ke Ancol. Yaaaaaa gak jauh jauh kan seperti Negara....

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...