21 April 2013

Tentang Pengalaman (Menurut Gue)



“Pengalaman adalah pelajaran yang paling berharga” kata – kata itu udah gak asing lah pasti. Biasanya kalau loe lagi kena masalah terus dinasehatin ama orang/orang yang lebih tua dia kadang ngomong “udah, kita belajar dari pengalaman ini aja untuk kedepannya”. Gue pribadi sih menyangkal emang betul banget kalo pengalaman itu pelajaran yang ampuh biar kita bisa malakukan sesuatu lebih baik. Gue kasih contoh kasus, ceritanya si Bejo lagi jalan pulang dari sekolah tuh dan di depan ada got kecil gitu tapi Bejo lagi sibuk mikirin status dia yang jomblo bertahun - tahun dibarengin, bengongin warna kancut gurunya di kelas tadi. Eh beberapa langkah berikutnya Bejo kecebur secara hina. Hingga akhirnya Bejo pulang ke rumah dengan keadaan kaki basah, warna item got, terus bau lagi. Pas di rumah Bejo cerita – cerita ke emaknya tentang kejadian tadi, setelah cerita semua emaknya bilang “SUKURRIIINNN MAKANYA KALO JALAN LIAT – LIAT HAHAHA ANAK SIAPA KOE JO JOOOOO” tapi engga semua emak kayak gitu kok, tergantung amal dan perbuatan masing – masing sih J nah besoknya Bejo lewat jalan itu lagi, tapi kali ini dengan percaya diri dan pikiran tidak kosong. Di depan ada got, tapi Bejo udah ngeliat duluan dan udah sigap untuk meloncat agar gak jatoh hina dan akhirnya Bejo berhasil ngelewatin itu got dengan selamat wal’afiat. Si Bejo berhasil ngelewatin itu got karena kejadian kemarin dimana dia jatoh disitu, sekarang Bejo berhasil ngelewatin tanpa jatoh karena pengalamannya kemarin. Nah, begitulah salah satu contoh kasusnya.

Menurut gue pengalaman itu berasal dari dua sumber, pertama itu dari kejadian/peristiwa atau bisa kita bilang pengalaman hidup. Kedua pengalaman berasal dari manusia bisa dibilang pengalaman apa yeee hmm..... pengalaman antar personal kali yak kalau bahasa komunikasinya. Yah begitulah hahaha. Entar gue jelasin deh kedua-nya itu apa aja mulai dari.......

·        Pengalaman berasal dari kejadian/peristiwa (pengalaman hidup)

Yaapp, segala aktivitas yang telah loe lakuin bisa dibilang itu semua adalah sebuah pengalaman. Contohnya bisa diliat dari kisah si Bejo yang engga jatoh untuk kedua kalinya. Hidup itu engga mungkin engga ada masalah setiap manusia pasti pernah merasakan, dari yang sepele ampe yang bikin jantung mau copot. Sebenarnya setiap masalah itu membuat kita semakin kuat esok harinya kita bisa belajar dari kesalahan yang udah kita ciptakan sehingga nantinya tidak akan membuat kesalahan yang sama. Dari kisah Bejo kesalahan dia adalah bengong mikirin warna kancut gurunya jadinya dia engga fokus sama arah jalannya dan got yang berada di depannya.  Nah, besoknya Bejo pulang ngelewatin jalan yang sama tapi pikiran yang berbeda. Dia sudah belajar kenapa dia bisa jatoh hina di got itu karena bengong. Jadi dia engga bengong dan fokus  pada arah jalannya hingga akhirnya bisa melewati got itu. Jadi kalau lu dapet masalah jangan langsung di lupakan atau bersikap engga peduli, lu teliti lagi kenapa kok masalah itu bisa muncul apakah penyebabnya diri kita sendiri atau yang lain? Yang pasti kesalahan/penyebab suatu masalah itu lah kuncinya agar kita bener – bener bisa menjadikan pengalaman sebagai pelajaran yang paling berharga.

·        Pengalaman berasal dari manusia (pengalaman antar personal)

Waini, jenis pengalaman ini berbeda sama yang sebelumnya. Kalo tadi kan tentang aktivitas kalo yang kedua ini adalah suatu pengalaman yang berhubungan dengan orang lain. Simpel aja sih contohnya kalau yang udah pernah pacaran itu salah satunya. Pacaran terus putus terus pacaran lagi terus putus lagi begitu seterusnya. Secara engga sadar sebenarnya itu bisa membuat pribadi kita lebih baik. Tapi yaa tergantung orangnya juga sih dia mau jadi orang bener apa engga. Kalo ini sih kayaknya pengalaman jadi pelajaran buat menjadi pribadi yang baik buat calon kekasih hahaha tapi bener loh, pasti kalau kalian abis putus disuruh untuk intropeksi diri masing – masing dan nantinya lu lakuin deh. Lu berpikir kenapa kok gue bisa putus? Kenapa begini? Kenapa begitu? Bla bla bla. Jadi kita bisa belajar dari orang yang sebelumnya udah bersama kita, apakah kita uda nyakitin dia? Atau seperti apa buat dia bahagia? Apa yang harus kita lakukan bila dia sedih?  Ennah, dari semua itu untuk percintaan kita selanjutnya sudah ada bayangan apa yang harus kita lakukan bila berada pada suatu kondisi tersebut terus hubungan kita bersama yang baru akan aman terkendali. Karena kita udah tau gimana mengatasi keadaan – keadaan yang sulit pada hubungan kita. Pengalaman ini berharga banget apalagi buat entar kalo udah rumah tangga. #EnggaNyambung

Itulah arti sebuah pengalaman di otak gue. Memang ilmu sotoy itu membuat orang bebas menulis hahaha. Pengalaman itu emang paling top markotop deh untuk bikin hidup lebih berwarna. So, banyak – banyakin deh tuh pengalaman loe biar nantinya bisa jadi bekal juga untuk ke depannya. Tapi jangan stuck sama kenangan yaakk suka bahaya haha, eh maksudnya pengalaman hehehe.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...