11 September 2013

Burungku Ada Tiga!

Sebelumnya gue pernah cerita tentang hewan peliharaan di kontrakkan gue. Sekarang gue pengen memperkenalkan penghuni baru di kontrakkan gue. Namanya Jaka dan Nelly. Mereka ini sepasang kekasih gitu. Iya gue yang menjodohkan mereka. Awal mula masuk nya mereka berdua itu ketika gue dan temen pas pulang dari kampus sore hari gitu engga sengaja ngeliat ada orang yang jualan dan di kandangnya ada tulisan 25 ribu. Yaapp ternyata orang itu adalah si penjual burung parkit. Naahh, berhubung di kontrakkan gue yang belum pernah miara - miara, gue agak tertarik buat melihara burung yaaa meskipun udah ada sih... tapi yaaa engga ada salahnya lah.

Setelah mempertimbangkan sesuatu yang memang tidak harus dipertimbangkan gue berniat membeli kandang burung besok pagi. Gue belajar dari pengalaman temen gue, si Anggoro pernah melihara 2 burung parkit juga dahulu kala. Tapi naas nasibnya berujung sial. Tanpa di ketahui oleh dia burung parkit itu harusnya di kandang yang besi, tapi dia beli kandang kayu. Alhasil si burung parkit dengan paruhnya yang kuat menghancurkan celah celah kandang gitu dan kabur dengan senang hati. Terus yang satunya? alhamdulillah engga kabur. Tapi beberapa minggu kemudian dia ditemukan tewas secara tidak wajar dikandangnya. Burung yang malang.... :(

Mangkanya lah gue beli kandang yang berbahan besi. Gue dan Reggy mencari - cari di sekitaran kontrakkan yang jual kandang burung. Harga awal yang ditawar itu kisaran 70 ribu. Hmmmm angka yang tidak lazim bagi gue anak kontrakkan. Dengan hati yang tega gue minta kurang dari itu, gue coba 50 ribu. Si ibu penjual mulai gelisah dengan tawaran itu, keringat bercucuran di dahi sampai ke ketek. Karena panglaris pikirnya maka dia deal dengan tawaran itu dan gue pun gembira sampai sampai jilatin keringat di ketek si ibu penjual.....

Karena yang jualan burung itu biasanya muncul di sore hari maka gue rela menunggu kehadiran calon peliharaan gue yang nantinya akan bernama Jaka dan Nelly. Matahari mulai pamit dari cakrawala, itu pertanda gue harus cabut dan beli burung~ Gue ajak Reggy buat nemenin beli. Gas motor pun ditancapkan~ tapi apa yang terjadi, semua tidak sesuai dengan rencana. Si penjual burung parkit tidak ada di tempat... Kami pun kecewa. Engga mau putus asa gue dan Reggy keliling nyari nyari di tempat tempat yang jualan kandang burung gitu. Tetep aja engga ada yang jualan burung, cuman kandangnya aja. Akhirnya kami menyerah dan balik lagi ke kontrakkan dengan tangan hampa dan gue hanya bisa berdoa agar besok ada kehadiran si penjual burung. Keesokan harinya tepat sore hari, gue dan temen gue kembali ke tempat si penjual burung. Diawali dengan doa, semoga ada yang jualannya daaaaannn...... AHAAAYYY!!! Si penjual burungnya ada! Yeeee jadi deh punya peliharaan. 

Sambil milih - milih gue bernegoisasi dengan si penjual burung karena tulisan yang di kandang bukan lagi 25 ribu melainkan 30 ribu... Bahwa sebenarnya 5 ribu itu berharga :" ada sedikit cekcok dalam negoisasi  (lebay) akhirnya kami memenangkannya kembali dengan harga 25 ribu hahahaha. Oiya gue kasih deh tips milih burung parkit yang berkualitas:

  • Pilih yang kakinya masih halus gitu dan berwarna keputihan. Soalnya kalo udah agak item gitu itu pertanda si burung udah tua.
  • Pas mau milih, cari yang suka bersuara. Alasannya yaaa biar enak aja pas di pelihara. Masa pelihara burung tapi engga ada suaranya, sama aja boong.
  • Cara bedain mana yang cowok atau cewek bisa liat dari paruhnya. Kalo dia warnanya gelap kebiruan itu berarti di perjaka. Kalo paruhnya putih dia berarti perawan.
  • Lebih baik jangan sok tau, mending minta tolong si abang jualannya buat milihin burung yang berkualitas.

Naaahh itu tips memilih burung parkit dari gue. Finally, jadi deh gue melihara burung~ Di perjalanan pulang gue keinget D-Waw si kucing manis dan pemalas. Kayaknya D-Waw bakal engga bisa nerima kehadiran teman barunya.... Tapi engga apa lah kan kandangnya gue gantung diatas. Pas di kontrakkan untung si D-Waw lagi tidur nyenyak jadi gue cepet - cepet ke lantai atas buat naruh burung gue. 

Selamat datang dikontrakkan kawan! :D gue sebagai pemilik harus segera mancari nama untuk burung gue. Hmmmmm buat yang cowok gue kasih nama Jaka dan yang cewek bernama Nelly. Gimana? cucok kan? tjakeepp lah yeee hehehe. Hari pertama Jaka dan nelly engga heboh kayak burung tetangga. Mereka lebih banyak merenung dikandang barunya, entah apa yang mereka pikirkan. Keesokan paginya baru lah terdengar cit cit cuiitt dari balkon atas dan itu adalah Jaka dan Nelly. Entah apa yang mereka dendangkan tetapi kayaknya dia teriak minta tolong buat kabur. Soalnya mereka sambil gigit jeruji kandangnya gitu. Sabar yaa kalian....

Hari demi hari sudah dilewati dan bersyukur Jaka dan Nelly masih hidup. D - Waw udah tau kehadiran teman barunya, tetapi kayaknya dia kurang setuju untuk berbagi tempat dengan teman barunya. Jaka dan Nelly udah lebih akrab, kalo makan suka rebutaaaann, main smackdown smackdown-an, kadang juga suka cipokan gitu. So sweet dah pokoknya. Gue doakan yang terbaik buat Jaka dan Nelly, semoga mereka cepet cepet punya anak deh :)









11 comments:

  1. Cie yg mak comblang nih. Sendirinya udah punya belum?

    ReplyDelete
  2. Burungnya sama kayak gue!!! Eh, inget. Bukan burung yang lain ya. Burung yang ada digambar lo itu hahaha.

    ReplyDelete
  3. melihara burung parkit itu susah kan ya?

    ReplyDelete
  4. kandang 50rb nya bagus jg tuh bro :o
    haha, saya jd pngen pnya peliharaan jg.. btw itu tips nya yg terakhir bagus tuh.. minta di pilihin abangnya.. haha

    ReplyDelete
  5. burungnya bagus bang, ada bulunya, coba bayangin kalo burungya gak punya bulu, wihhh

    ReplyDelete
  6. Merawat burung parkit susah gak to ?.

    Disini baru tahu memilih burung parkit.
    Jangan sampai mati ya di rawat yang bener :O

    ReplyDelete
  7. ah sama kyk parkit yang dirumah, dulu ada 4 sekarang tinggal 2, satunya warna biru hahaha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. yaahh, kok tinggal 2 ? Tdi nya pgn beli jg yg biru.. tapi udah tua terus mahal deh :(

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...