15 December 2011

Artikel Tentang Akhir Tahun

Tugas ane dikampus nih brooo... . . sempetin komen yah kalo sekiranya tulisan ini berguna :D


Akhir tahun sebentar lagi akan tiba. Kini saatnya untuk menutup coretan kehidupan di lembaran tahun 2011. Tinggal menghitung minggu lagi kita menyambut tahun 2012. Saatnya kita menghapus kesalahan yang telah dilakukan di tahun 2011. Sebelum kita menginjak ke tahun yang baru pasti kita sudah memiliki rencana untuk kedepannya, dimana kita tidak ingin mengulangi kesalahan yang sudah dilakukan di tahun sebelumnya. Maka dari itu kita akan membuat komitmen tentang apa yang akan dilakukan dan proyek apa yang akan dilaksanakan di tahun berikutnya. Istilah ini biasa disebut dengan resolusi tahun baru. Tetapi kebanyakan orang resolusi tahun baru hanya sekedar catatan biasa yang ujungnya sekedar isapan jempol belaka.

Sebetulnya apa yang sudah terjadi di tahun sekarang bisa dijadikan evaluasi bagi kita untuk membuat resolusi yang lebih sempurna untuk tahun depan. Pembuatan resolusi tahun baru yang kita rancang itu belum tentu terlaksana. Jadi saya akan memberikan sekedar tips bagaimana agar kita bisa merancang resolusi tahun baru yang mungkin mencapai keberhasilan yang maksimal.

Apa sajakah kesalahan yang biasa orang buat saat membuat resolusi tahun baru? Berikut mungkin contoh yang bisa menjelaskan hal tersebut.

Ingat, kita membuat rencana jangan hanya diatas kertas. Tapi diiringi dengan tindakan yang mendukung rencana kita!! Ibarat kita tahu makanan itu lezat tapi kita tidak mau mencicipinya. Jadi tindakan itu kunci kita menuju kesuksesan.

Pertama, tidak ditulis. Mungkin bagi orang yang memiliki tingkat ingatannya yang kuat hal ini tidak perlu diperhatikan. Tetapi bagi kalian yang merasa tidak memiliki kemampuan tersebut, apa salahnya untuk mencatat semuanya. Jadi kita tidak perlu repot membuka file otak yang butuh waktu untuk membukanya. Hanya membuka buku catatan, lebih mudah untuk menemukannya, lalu tinggal kita laksanakan.

Kedua, tidak sesuai kebutuhan. Kenapa saya menyebutkan hal ini? Sebelumnya saya menganjurkan kalo bermimpi itu boleh saja. Tetapi apakah mimpi kamu itu ingin direalisasikan sedangkan kebutuhan kamu terbatas? Berpikirlah lebih logis dan realistis. Daripada kamu kecewa akan tidak terlaksananya resolusi yang sudah dibuat.

Ketiga, tidak memilih target dengan baik. Jangan sampai kita membuat resolusi untuk sendiri malah dari opini media atau dari pembicaraan orang lain. Karen itu bukan dari kemauan nurani sendiri. Jadi saya sarankan, buatlah resolusi tahun baru anda sendiri atas dasar keinginan anda. Karena itu akan jadi motivasi yang tinggi bagi kita dikala nanti terjatuh.

Kita pun harus mengetahui jenis – jenis resolusi waktu yang banyak dibuat oleh orang – orang. Kita bisa lihat dari penjelasan berikut

Pertama, Pencapaian. Pasti ada yang ingin anda miliki ditahun depan, misalkan mobil mewah, rumah baru, atau pun istri baru? Nah, jadikanlah hal ini target kita untuk dijadikan resolusi kita.

Kedua, kebiasaan baru. Apakah di tahun ini anda merokok? Bagaimana kalo saya sarankan di tahun depan untuk berhenti? Jadi seperti itulah kebiasaan baru. Tentu saja kebiasaan baru ini yang bersifat positif. Kalo yang negatif sama saja menambah parah kehidupan anda!

Ketiga, keluar dari zona hijau. Ini salah satu yang sulit dilakukan. Apakah anda berani? Kenapa tidak? Kita coba hal yang baru. Misal sebelumnya kita tidak berpikir untuk keliling Indonesia. Jadi, kita lakukan di tahun depan sebagai acuan kita menuju perubahan.

Setelah semua jadi. Bagaimana kita mewujudkannya dengan mudah? Kita butuh strategi, strategi untuk tercapainya tujuan resolusi.

Pertama, tuliskan apa saja yang diperlukan untuk tercapainya resolusi. Kita mulai memikirkan aset apa aja yang diperlukan. Dari aset fisik dan aset non fisik. Aset fisik berupa uang, makan, alat, dan tempat. Sedangkan aset non fisik berupa keahlian, keterampilan, ilmu, dan pengalaman.


Kedua, tuliskan daftar – daftar orang yang dapat membantu. Anda pasti mempunyai banyak teman. Manfaatkanlah relasi tersebut untuk pencapaian resolusi anda. Karena suatu saat kita pasti membutuhkan mereka.

Ketiga, bertindaklah untuk mewujudkan resolusi anda. Jangan setengah – setengah, sehari dilakuin besoknya nganggur. Tekadkan mulai dari hari pertama sampai akhir tahun, setiap hari.

Keempat, berdo’a dan tawakal. Tanpa melakukan ini semuanya seperti makanan tanpa garam. Lengkapilah dengan do’a agar setiap perbuatan kita di ridhoi dan tidak sia – sia.

Kelima, bersabar. Selama memperjuangkan resolusi kita jangan tergesa – gesa. Pakailah kesabaran dalam mewujudkannya. Daripada terburu – buru malah anda tersandung ditengah jalan.

Jadi, siapkah anda membuat resolusi untuk tahun depan? Jangan pikir panjang lagi, toh ini untuk keberhasilan hidup kita. Ambil buku catatan anda pikirkan ide cemerlang, tuangkan segalanya. Lalu tinggal kita mewujudkannya.

2 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...