Skip to main content

Menangis = Manfaat ???

 Siapaaa yang suka nangis hayoooo??? Tau gak? Ternyata nangis ada manfaatnya juga loh. Buat kesehatan tubuh dan pikiran kalian juga. Hmm, baru tau gue -__- kalo gitu nangis aja deh gue :( :(


Dikutip dari Beliefnet, ini dia 7 keajaiban yang bisa Anda dapatkan setelah menangis dan berair mata.

1. Membantu penglihatan
Air mata ternyata membantu penglihatan seseorang, jadi bukan hanya mata itu sendiri. Cairan yang keluar dari mata dapat mencegah dehidrasi pada membran mata yang bisa membuat penglihatan menjadi kabur.

2. Membunuh bakteri
Tak perlu obat tetes mata, cukup air mata yang berfungsi sebagai antibakteri alami. Di dalam air mata terkandung cairan yang disebut dengan lisozom yang dapat membunuh sekitar 90-95 persen bakteri-bakteri yang tertinggal dari keyboard komputer, pegangan tangga, bersin dan tempat-tempat yang mengandung bakteri, hanya dalam 5 menit.

3. Meningkatkan mood
Seseorang yang menangis bisa menurunkan level depresi karena dengan menangis, mood seseorang akan terangkat kembali. Air mata yang dihasilkan dari tipe menangis karena emosi mengandung 24 persen protein albumin yang berguna dalam meregulasi sistem metabolisme tubuh dibanding air mata yang dihasilkan dari iritasi mata.

4. Mengeluarkan racun
Seorang ahli biokimia, William Frey telah melakukan beberapa studi tentang air mata dan menemukan bahwa air mata yang keluar dari hasil menangis karena emosional ternyata mengandung racun.
Tapi jangan salah, keluarnya air mata yang beracun itu menandakan bahwa ia membawa racun dari dalam tubuh dan mengeluarkannya lewat mata.

5. Mengurangi stres
Bagaimana menangis bisa mengurangi stres ? Air mata ternyata juga mengeluarkan hormon stres yang terdapat dalam tubuh yaitu endorphin leucine-enkaphalin dan prolactin.
Selain menurunkan level stres, air mata juga membantu melawan penyakit-penyakit yang disebabkan oleh stres seperti tekanan darah tinggi.

6. Membangun komunitas
Selain baik untuk kesehatan fisik, menangis juga bisa membantu seseorang membangun sebuah komunitas. Biasanya seseorang menangis setelah menceritakan masalahnya di depan teman-temannya atau seseorang yang bisa memberikan dukungan, dan hal ini bisa meningkatkan kemampuan berkomunikasi dan juga bersosialisasi.

7. Melegakan perasaan
Semua orang rasanya merasa demikian. Meskipun Anda didera berbagai macam masalah dan cobaan, namun setelah menangis biasanya akan muncul perasaan lega.
Setelah menangis, sistem limbik, otak dan jantung akan menjadi lancar, dan hal itu membuat seseorang merasa lebih baik dan lega. Keluarkanlah masalah di pikiranmu lewat menangis, jangan dipendam karena Anda bisa menangis meledak-ledak.

Jadi, tidak apa-apa kalau Anda menangis sesekali.

Comments

  1. Alhamdulillah yah :">
    Malah aku pernah dnger, katanyaa kalo orang nahan tangis itu bisa stress berkepanjangan yah? *pengen tau* emang bner ?

    ReplyDelete
  2. Huwaaaaa.. Untungnya aku demen nangis, wkekkekekekkekeeeekk...
    Thx infonya :D
    Nangis massal yokk :'(

    ReplyDelete
  3. @Ifany: hmm, bisa aja. ibarat emosi disimpan di suatu kotak trus kepenuhan. hingga akhirnya stress *gaknyambung

    ReplyDelete
  4. @Dhila: hayuuuuuu, ngis bareng2 :( :( *kayak sebelum UN

    ReplyDelete
  5. berarti gue udah dapet banyak manfaat :( nangis gak nangis yang penting nangis #loh

    ReplyDelete
  6. @Mega Shofani: yaa, tpi jgn berlebihan juga sist -_-'

    ReplyDelete
  7. ternyata dibalik tangisan ada hikmahnya tersendiri ya :D

    ReplyDelete
  8. betul tuh Irvina , setiap ciptaan-Nya pasti ada maksud tertentu..

    ReplyDelete
  9. ayo menangis biar sehat ^_^
    http://gazebohijau.blogspot.com

    ReplyDelete
  10. @Redva Kaurvaki: menangisnya tpi jgn berlebihan yaa sist ;)

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cara Membuat Scroll Pada Blog Archive

Bagi kalian yang udah ngeblog bertahun - tahun lalu terus di blognya ada widget archivenya, pasti akan muncul sangat panjang kebawah bila di pilih. Nah, dengan ini kita bisa ngebuat scroll pada archive kita. Jadi hemat tempat deh. Bagi yang suka hemat - hemat bisa dicoba lah ini. Kalo demen yang boros - boros yaaaa, buat pengetahuan aja broo :D Moongggooooo.. . . .. . ... Cara Membuat Scroll Pada Blog Archive (Arsip Blog) 1. Login ke Blogger. 2. Di halaman Dasbor, kita pilih Rancangan . 3. Kemudian pilih Edit HTML 4. Beri tanda centang pada Expand Template Widget 5. Cari kode berikut <b:widget id='BlogArchive2' locked='false' title='Arsip Blog' type='BlogArchive'> 6. Kode lengkapnya adalah seperti ini <b:widget id='BlogArchive2' locked='false' title='Arsip Blog' type='BlogArchive'> <b:includable id='main'> <b:if cond='data:title'> <h2><data:title/

Surat dari Anak yang di Aborsi

Broo, gue pengen share aja nih. Mungkin bagi loe yang punya fesbuuk note ini udah pernah ke telinga kalian. Jadi ini note berisi cerita tentang dimana sesosok bayi/anak yang telah di aborsi menulis surat kepada ibu yang telah mengarbosi dirinya. Nah, bagi yang pengen ngesex diluar nikah coba loe loe pada baca deh dan hayati!! -- Surat dari Anak yang di ABORSI -- ‎     Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarrakatuh Teruntuk Bundaku tersayang... Dear Bunda...     Bagaimana kabar bunda hari ini? Semoga bunda baik-baik saja...nanda juga di sini baik-baik saja bunda... Allah sayang bange...t deh sama nanda. Allah juga yang menyuruh nanda menulis surat ini untuk bunda, sebagai bukti cinta nanda sama bunda.... Bunda, ingin sekali nanda menyapa perempuan yang telah merelakan rahimnya untuk nanda diami walaupun hanya sesaat... Bunda, sebenarnya nanda ingin lebih lama tinggal di rahim bunda, ruang yang kata Allah paling ko

Poster "Anti Mencontek"

Jadi ceritanya sebelum UAS kan dosen pada rajin tuh ngasih tugas ke anak - anaknya dan kali ini gue di suruh ama dosen Komunikasi Grafis buat bikin poster. Tau kan lah yaaaa apa itu poster, tapi poster ini dikasih tema gitu dan temanya adalah "Anti Mencontek"  Seperti biasa kami para penganut SKS kepanjangan dari Sistem Kebut Semalam, berhasil membuat beramai - ramai di kontrakkan. Hasilnya gimana??? Liat aja penampakkannya di bawah....